banner 728x90

10 Merk Minuman Protein Workout Fitness Terbaik dan Terbaru

Minuman Protein – Buat Anda yang sedang workout, mengonsumsi makanan saja tidak cukup untuk mengoptimalkan perkembangan massa otot. Disini protein bertindak untuk menolong perkembangan massa otot itu. Dengan konsumsi protein sesuai dengan timing, perkembangan massa otot Anda semakin lebih cepat dibanding saat tidak mengkonsumsinya.

Untuk menyangga workout, ada beberapa type protein yang di jual di market. Whey, casein, serta soy adalah satu dari banyaknya macamnya. Terdapat beberapa merk minuman protein paling baik, seperti L-Men platinum, Mutant Miccelar, serta Puritan’s Pride yang membuat calon konsumen bingung. Baca artikel referensi dari kami tentang minuman protein popular beberapa binaragawan/wati.

Langkah menentukan minuman protein yang pas untuk workout

Olahraga atau latihan teratur ialah hal penting untuk membuat massa otot. Tetapi, tingkatkan perform latihan adalah hal yang susah jika nutrisi tidak terpenuhi. Di sini bubuk protein bertindak jadi konsumsi daya yang bisa diserap otot dengan instant, setiap saat, serta dimanapun. Baca langkah memilihnya di bawah ini!

Pilih produk dengan kandungan tinggi protein

Protein dibutuhkan buat mereka yang olahraga teratur untuk jaga serta tingkatkan massa otot. Kandungan protein yang makin tinggi di paket adalah point primer di pilih. Hal sekundernya ialah rasa, harga, serta type. Penentuan itu salah satunya bergantung dari kesukaan, finansial, atau ketahanan mereka pada laktosa.

Advertisements

Untuk memperbesar massa otot, protein dalam bentuk bubuk adalah yang terbaik

Untuk memperbesar massa otot, protein dalam bentuk bubuk adalah yang terbaik

Protein pada umumnya berbentuk bubuk yang dikemas dalam wadah botol ataupun kantong plastik. Jika Anda sedang workout untuk memperbesar massa otot dan mengencangkan tubuh, protein dalam bentuk bubuk adalah yang terbaik. Alasannya, efisiensi asupan protein paling optimal ada di dalam bentuk tersebut.

Selain bentuk bubuk, protein juga terdapat di dalam bentuk jellyprotein bar, ataupun minuman. Meski terasa nikmat ketika dikonsumsi, zat-zat lainnya, seperti lipid (zat lemak) dan karbohidrat juga terdapat di dalam kemasan. Mengonsumsi tambahan zat lain di samping protein bagi sebagian orang dapat menyia-nyiakan usaha diet dan penurunan berat badan mereka.

Mengonsumsi protein dalam bentuk di atas tentu tidak menjadi masalah. Namun, bentuk bubuk dianggap sebagai yang paling efisien. Jadi, jika Anda menggunakan protein sebagai suplemen makanan pada masa latihan, pilihlah produk dalam bentuk bubuk.

Perbedaan protein berjenis concentrate dan isolate

Perbedaan protein berjenis concentrate dan isolate

Orang dewasa membutuhkan jumlah protein sebesar berat badan (kg) x 1,5 gram protein, atau berat bedan (kg) x 2-3 gram protein. Jumlah kebutuhan protein ini sulit tercapai hanya dengan makanan saja. Untuk memenuhi defisit tersebut, Anda memerlukan suplemen dengan protein berkualitas tinggi. Jika hanya asal-asalan memilih protein yang ternyata memiliki kualitas rendah, kita tidak dapat merasakan khasiat yang maksimal. Jadi, pilihlah bubuk protein dengan kandungan protein setidaknya 70%.

Protein memiliki dua jenis metode purifikasi. Concentrate adalah metode yang memiliki kandungan protein sebesar 70%, sedangkan isolate adalah metode yang memiliki tingkat purifikasi lebih tinggi sebesar 80-90%. Anda dapat memilih berdasarkan metode pemurniannya, lalu periksalah berapa gram kandungan protein yang terdapat di dalam takaran 100 gram atau per sajinya. Pilih produk yang memiliki kandungan protein berkualitas tinggi.

Weight gainer memiliki kandungan protein yang rendah

Weight gainer memiliki kandungan protein yang rendah

Weight gainer atau gainer adalah suplemen yang mengandung karbohidrat dan kalori tinggi untuk membantu Anda mendapatkan massa otot tambahan. Dengan demikian, Anda senantiasa di dalam keadaan anabolik. Gainer diperlukan bagi si kurus untuk menambah berat badan sehingga proses pembentukan massa otot dapat lebih mudah tercapai.

Dikarenakan lebih banyak karbohidrat ketimbang protein, gainer tidak direkomendasikan bagi mereka yang lebih mementingkan protein. Rata-rata gainer hanya mengandung 5 gram kandungan protein di setiap 30 gram penyajian (sekitar 17% kandungan protein). Kandungan tersebut tentu saja sedikit. Satu butir telur bahkan mengandung jumlah protein yang lebih banyak.

Tidak seperti karbohidrat, protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Waktu mencerna lebih lama, berarti lapar lebih lama yang berimplikasi kepada berat badan lebih ideal. Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, sebaiknya lebih memprioritaskan membeli protein, sedangkan asupan karbohidrat dapat diperoleh dari sumber makanan lain.

Pilih produk berdasarkan bahan dasarnya

Protein kemasan memiliki ragam jenis bahan dasar. Sebagian di antaranya mungkin terdengar asing di telinga, seperti protein tumbuhan, protein telur, ataupun protein daging sapi. Namun, secara umum terdapat tiga jenis protein, yaitu whey, casein, dan soy. Apa perbedaan dari masing-masing bahan tersebut dan apa saja keuntungannya? Simaklah penjelasannya.

Whey. Injeksi nutrisi instan untuk pertumbuhan massa dan sintesis otot

Whey. Injeksi nutrisi instan untuk pertumbuhan massa dan sintesis otot

Whey berasal dari endapan susu sapi yang merupakan bagian dengan kandungan protein tertinggi. Whey direkomendasikan bagi yang sedang melatih otot. Whey juga mengandung asam amino esensial atau BCAA yang berperan dalam menyintesis dan menumbuhkan otot. Fungsi BCAA, selain membantu whey meningkatan massa otot, juga mengurangi nyeri otot setelah berolahraga dan membantu menurunkan berat badan.

Whey baik dikonsumsi satu jam setelah makan. Akan tetapi, mengonsumsinya setelah berolahraga adalah waktu yang terbaik. Pada masa ini, nutrisi otot telah kehilangan energinya sehingga dibutuhkan asupan protein sesegera mungkin. Rasa whey relatif lebih lezat daripada jenis lainnya agar mudah dikonsumsi.  Selain itu, whey protein juga memiliki ragam rasa, seperti cokelat, vanila, stroberi, ataupun plain.

Whey protein memiliki dampak besar karena kontribusinya di dalam dunia suplemen dan pembentukan otot tubuh. Bagi mereka yang berkecimpung di dalam dunia olahraga, whey merupakan investasi pembelian yang aman. Namun, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap susu, intoleransi laktosa, dan vegetarian, kami sarankan pembelian produk selain whey.

Casein. Nutrisi otot tanpa henti

Casein. Nutrisi otot tanpa henti

Casein juga berasal dari susu sapi. Rata-rata casein memiliki kandungan 80% susu. Protein di dalam casein bersifat lambat cerna yang membutuhkan 5-7 jam untuk dapat dicerna dan terserap sempurna oleh tubuh. Penyerapan lambat memungkinkan otot senantiasa ternutrisi sehingga kebanyakan orang mengonsumsinya pada waktu sebelum istirahat. Selain itu, Anda juga mendapatkan bonus ekstra BCAA di dalam kandungannya.

Rekomendasi terbaik menggunakan casein adalah pada saat whey dikonsumsi secara primer.  Hasil uji klinis membuktikan bahwa whey merupakan protein cepat cerna dan direkomendasikan untuk diminum sesegera mungkin setelah workout. Sementara itu, casein adalah protein lambat cerna yang diserap oleh tubuh secara perlahan-lahan. Penggunaan bersamaan memungkinkan tubuh untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih efisien, ketimbang penggunaan terpisah.

Soy. Sumber protein utama para vegetarian

Soy. Sumber protein utama para vegetarian

Ada yang berpendapat bahwa soy tidak memiliki kegunaan seoptimal whey protein atau malah tidak berguna sama sekali untuk workout. Namun, kegunaan soy terus diteliti. PDCAAS, yaitu metode penelitian untuk mengevaluasi kualitas protein yang dapat diserap manusia, memberikan sertifikat lulus uji. Soy protein terbukti memiliki kualitas protein setara telur dan daging. BCAA di dalamnya juga termasuk yang tinggi konsentrasinya.

Protein di dalam soy protein dicerna dan diserap oleh otot dengan speed lambat. Keuntungannya adalah otot senantiasa ternutrisi dan BCAA-nya menyuplai secara konstan asam amino ke tubuh Anda pada saat tidur. Kandungan protein lambat cerna di dalam soy protein dianggap memiliki efek yang sama dengan casein. Good point-nya adalah harga soy protein lebih murah. Sekitar 80-90% kandungan protein juga sudah terkandung dalam produk soy protein.

Advertisements

Sebagai bonus, terdapat banyak khasiat lain secara medis yang didapat dari soy. Kedelai dikenal akan manfaatnya untuk menurunkan kolesterol, mencegah penyakit kardiovaskular, penyeimbang hormon estrogen pada perempuan, dan membantu proses pembakaran lemak.

Pilih minuman protein yang mudah dikonsumsi

Pada saat Anda sudah lelah berolahraga, penyajian yang gampang dan tidak memerlukan banyak waktu adalah yang terpenting. Faktor rasa juga tak kalah penting demi meningkatkan nafsu mengonsumsinya. Berikut ini adalah tips bagaimana memilihnya!

Pilih varian rasa minuman protein sesuai selera Anda!

 

Pilih varian rasa minuman protein sesuai selera Anda!

Kebutuhan konsumen yang beraneka-ragam membuat produsen berlomba-lomba menciptakan rasa yang unik. Banyak produk protein berasa lezat yang dapat dijadikan snack di sela makan berat. Dari ketiga jenis protein, whey adalah juaranya. Whey protein memiliki varian rasa beragam, seperti chocolate, vanilla, strawberry, dan juga rasa lain yang unik seperti lemon sodacola, dan lain-lain.

Soy protein, di sisi lain, masih tetap memiliki rasa kedelai yang sulit hilang meskipun sudah dicampurkan oleh rasa lain. Sementara casein, dibandingkan dengan jenis lain, soy lebih sulit larut dengan air. Ketika dioplos dengan air, bubuknya berubah menjadi gumpalan yang agak sulit untuk diminum. Soal rasa, aroma susu pada casein lebih tercium dibandingkan jenis protein lain. Namun demikian, ada juga sebagian produk soy protein dan casein yang gampang dikonsumsi dan berasa lezat. Jadi, pilihlah yang sebagian tersebut.

Oh ya, semakin tinggi kandungan protein di dalam suatu produk, rasa dasar dari protein itu juga semakin kuat. Hal ini berlaku juga untuk protein yang plain. Kekurangan tersebut menuntut kreativitas Anda untuk meracik rasa protein supaya lezat diminum. Campurannya bisa berupa jus buah, sayur, susu, gula, atau minuman favorit Anda lain. Namun bagi sebagian orang yang sedang berhitung kalori, air merupakan campuran terbaik.

Cek daya larut!

Cek daya larut!

Proses penyajian protein untuk sekali konsumsi adalah 20-30 gram bubuk yang dilarutkan ke dalam air, susu, atau cairan lain. Beda produk beda pula kemudahan larutnya. Oleh sebab itu, berusahalah sedapat mungkin memilih bubuk protein yang cepat larut di dalam air. Apabila bubuk protein cenderung menjadi gumpalan, direkomendasikan melarutkannya dengan protein shaker ataupun blender. Shaker biasanya dilengkapi dengan saringan.

10 Rekomendasi produk protein untuk yang sedang workout

Selanjutnya, kami merekomendasikan produk casein, soy protein, dan whey protein terbaik yang dapat Anda temukan dengan mudah di toko online. Berdasarkan tips cara memilih yang sudah kami paparkan di atas, pilihlah minuman protein yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

1. Max’s Micellar Casein Complex Casein SR

10. Max's Micellar Casein Complex Casein SR

Harga : Rp 715.000

Kandungan di dalamnya memberikan extra boost protein 7 jam nonstop

Produk kebanggaan Australia ini mengeklaim bahwa kandungan proteinnya sebagai salah satu yang tertinggi yaitu sebesar 77%. Produk ini memiliki efek casein yang bertahan di dalam tubuh sampai tujuh jam setelah konsumsi. Hal ini tentu lebih unggul dibandingkan produk casein lain yang sudah habis tercerna pada jam kelima.

Karena kandungan protein yang tinggi dan rasa dasar yang kuat, produk dari Max’s tidak terlalu lezat untuk diminum. Sebagian orang juga mungkin mengalami gangguan perut kembung beberapa saat setelah mengonsumsinya. Mencampurkannya dengan minuman lain atau mem-blender bersama buah untuk dijadikan smoothie mungkin merupakan langkah yang tepat.

Berat 1.800 gr
Kandungan protein 77 %
Rasa Chocolate, vanilla

2. Mutant Micellar

 

9. Mutant Micellar

 

Harga : Rp 750.000

Ya protein, ya natural doping, ya obat diet, semua jadi satu

Protein lambat cernanya tanpa henti menginfus 70% kandungan protein kualitas tinggi ke dalam jaringan otot Anda. Kandungan seratnya membuat Anda seperti sedang mengonsumsi obat diet, tidak cepat merasa kelaparan. Sementara itu, karbohidratnya tetap membuat Anda berenergi pada hari yang sibuk selayaknya sedang memakai doping.

Protein di dalamnya membantu pengguna untuk meningkatkan massa otot sekaligus mencegah penyusutan otot pada saat Anda tidak workout untuk sementara waktu. Memang, diakui bahwa sedikit gumpalan masih tetap ada dan rasanya bukanlah yang terbaik. Namun, produk ini merupakan the best buy bagi yang menginginkan paketan lain selain protein.

Berat 1.800 gr
Kandungan protein 70 %
Rasa Vanilla ice cream, chocolate milk

3. Optimum Nutrition Gold Standard 100% Casein

8. Optimum Nutrition Gold Standard 100% Casein 

Harga : Rp 940.000

No gumpalan! Yang terpopuler di dunia protein casein

Optimum Nutrion (ON) merupakan merek terkenal di dalam menghasilkan rasa dan kualitas produk standar tinggi. Kandungan protein di dalamnya cukup tinggi yaitu sebesar 73%. Proses larut yang mudah dan rasanya yang lebih manis membuat casein dari ON jadi favorit. Akan tetapi, bagi yang sedang berhitung kalori, mungkin kalori yang dihasilkan ON dapat menjadi bumerang karena lebih banyak dibandingkan produk lain.

Keuntungan lain dari mengonsumsi produk ini adalah kemampuannya untuk membuat Anda senantiasa kenyang. Infus perlahan dari casein di lambung memberikan sinyal ke otak untuk tidak mengonsumsi makanan. Bagi yang ingin membentuk otot tubuh sekaligus menikmati minuman protein casein yang kaya rasa, produk ini mungkin cocok untuk Anda.

Berat 900 gr, 1.800 gr
Kandungan protein 73 %
Rasa Cookies & cream, creamy vanilladan 6 rasa lainnya

4. Asahi Dear-Natura Active Soy Protein Soy Milk Flavor

7. Asahi Dear-Natura Active Soy Protein Soy Milk Flavor

Harga : Rp 399.000

Beli protein, gratis multivitamin dan mineral

Lebih dikenal dengan produk birnya, Asahi membuat tandingan produk yang masih didominasi negara barat. Bedanya, Dear-Natura tidak hanya berisikan protein soy, tetapi juga menjejalkan multivitamin dan mineral. Soal rasa, produk ini memiliki bercita rasa soy yang mild. Tentu saja hal tersebut merupakan kabar gembira bagi para vegetarian yang tidak tahan bau soy.

Kekurangan produk ini adalah kadar protein 15 gram yang sedikit, ditambah bentuk kemasan yang tidak biasa mungkin dianggap sebagian orang kurang baik. Tambahan lagi, petunjuk penggunaan dalam bahasa Jepang menyulitkan orang Indonesia untuk memahami produk tersebut. Namun, pastinya semua percaya bahwa Jepang tidak pernah “main-main“ dalam membuat suatu produk.

Berat 360 gr
Kandungan protein 67 %
Rasa Soy milk

5. Puritan’s Pride Soy Protein Isolate Powder Chocolate

6. Puritan's Pride Soy Protein Isolate Powder Chocolate

Harga : Rp 449.000

Isolate-nya jadi bahan dasar resep harian smoothie Anda

Produk ini hadir dengan tiga varian rasa, yaitu chocolatenatural, dan vanilla. Puritan’s Pride Soy Protein Isolate Powder diklaim bebas karbohidrat, rendah lemak, sekaligus bebas kolesterol. Sekali konsumsi, Anda akan mendapatkan 25 gram protein plus asam amino. Produk ini memudahkan kebutuhan vegetarian akan kekurangan tidak hanya protein, tetapi juga vitamin dan lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Formula produk tidak mengandung pemanis buatan, cocok bagi para vegetarian yang ingin membentuk otot kering tanpa lemak ala Bruce Lee. Sayang, seperti produk soy lainnya, rasa dasar kedelai masih kuat terasa dan gumpalan masih sulit hilang. Mengatasi hal tersebut, penggunaan oplosan dan blender disarankan!

Berat 793 gr
Kandungan protein 77 %
Rasa Chocolate, natural, vanilla

6. Scitec Nutrition Soy Pro

5. Scitec Nutrition Soy Pro 

Harga : Rp 438.000

Demi harga ekonomis, gumpalan tak perlu digubris

Soy Pro adalah produk andalan Scitec Nutrition untuk pasar suplemen soy. Perusahaan yang terkenal di Amerika Serikat tersebut menjamin bahwa protein yang terkandung di dalamnya merupakan kualitas purifikasi termurni. Isolate dari Scitec Nutrition Soy Pro memberikan kontribusi untuk pertumbuhan dan pemeliharaan massa otot, serta baik juga untuk pemeliharaan tulang.

Protein yang terkandung di dalam 28 gram penyajiannya tidaklah wow, hanya sebesar 72%. Daya larut yang rendah membuat gumpalan tetap ada. Soal rasa juga bukan yang paling juara. Akan tetapi, rasio harga berbanding kualitas di atas medioker yang membikin Soy Pro bernilai jual tinggi. Secara kuantitas (910 gram), Soy Pro merupakan soy termurah yang direkomendasikan.

Berat 910 gr
Kandungan protein 72 %
Rasa Chocolate, vanilla, strawberry

5. Mutant Whey

4. Mutant Whey 

Harga : Rp 500.000

Paket besar plus harga termurah untuk investasi whey konsumsi jangka panjang

Mutant adalah salah satu merek bergengsi. Signature produk ini adalah kuantitasnya yang banyak dengan variasi rasa sedikit. Mengingat isinya melimpah, Mutant Whey lebih cocok bagi mereka yang berkomitmen melakukan olahraga rutin dalam jangka waktu yang lama. Komposisi 22 gram protein per penyajian cukup memberikan infus power pada waktu latihan sekaligus menyokong pembentukan otot optimal.

Rasa memang biasa saja dan gumpalan tetap betah bertahan meskipun sudah dikocok kencang. Tingkat kemanisan di atas rata-rata whey lain, cocok bagi Anda yang suka manis. Mutant berorientasi pada pangsa pasar dengan harga terjangkau dan isi yang banyak untuk pemakaian berkelanjutan.

Berat 908 gr, 2.270 gr, dan 4.540 gr
Kandungan protein 70 %
Rasa Triple chocolate, vanilla ice creamcookies & cream, dan 1 rasa lainnya

8. MyProtein Impact Whey Isolate

3. MyProtein Impact Whey Isolate 

Harga : Rp 995.000

Harga tertinggi berbanding lurus dengan kualitas terbaik

Diimpor jauh-jauh ke Indonesia demi menghadirkan 22 gram protein per saji hanya dari susu sapi terbaik di dataran Britania Raya, produk ini menggunakan protein purifikasi tertinggi yaitu isolate sebagai bahan dasar. Metode penyaringan tercanggih di dunia membuat kolesterol, lemak dan laktosanya diklaim tidak ada. Bubuk pun gampang larut sehingga tidak menyisakan gumpalan.

Hampir kebanyakan whey yang dijual di Indonesia menggunakan wadah botol yang besar. Hal ini menyulitkan orang untuk membawanya, terutama bagi mereka yang tidak mau repot membawa shaker atau berinvestasi membelinya. Dengan kemasan pouch bag yang terbuat dari plastik, Anda tinggal melipat dan memasukkan kemasan ke dalam tas.

Berat 2.500 gr
Kandungan protein 90 %
Rasa Chocolate smooth, cookies & cream, salted caramel, dan 11 rasa lainnya

9. L-Men Platinum Suplemen Fitness & Susu Whey Protein

2. L-Men Platinum Suplemen Fitness & Susu Whey Protein

Harga : Rp 380.000

Akhirnya ada juga protein made in Indonesia bersertifikat MUI dan BPOM

Tidak kalah dengan negara maju lain, negara kita juga memproduksi whey yang bukan saja sudah mendapatkan sertifikat BPOM, namun juga MUI. Susu protein dari L-Men mengandung 25 gram protein isolate per saji yang efektif membentuk otot kering tanpa lemak. Sebagai bonus, L-Men memberikan creatine di dalamnya guna meningkatkan volume otot. Agar pembeli tidak bosan, L-Men hadir dengan rasa choco latte.

Salah satu poin plus mengapa L-Men lebih baik dibandingkan produk lain adalah tentu saja distribusinya. Produk dalam negeri ini relatif lebih mudah ditemukan di pasar swalayan dari Sabang sampai Merauke. Keunggulan lainnya adalah tentu saja harganya yang paling murah di pasaran.

Berat 800 gr
Kandungan protein 70 %
Rasa Choco latte

10. Optimum Nutrition Gold Standard 100% Whey

1. Optimum Nutrition Gold Standard 100% Whey 

Harga : Rp 940.000

Penghargaan protein of the year 10 tahun berturut-turut

ON Nutriton Gold Standard 100% Whey adalah protein terbaik versi bodybuilding.com karena rasanya yang enak dan efeknya yang optimal. Di Indonesia, ON sudah mendapatkan sertifikasi lulus standar BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi secara kontinu. Jumlah 24 gram protein purifikasi terbaik di dalam setiap 31 gram takaran sajinya, plus lebih dari dua puluh rasa unik membuat pembeli tetap terus menjadi repeater.

Selain protein, isi produk ini juga mengandung karbohidrat berbentuk gula rendah kalori. Bubuk mudah larutnya meminimalkan gumpalan sehingga hanya dengan air dan tanpa bantuan shaker ataupun blender, Anda dapat dengan mudah meminumnya. ON Gold Standard 100% Whey adalah standar ukur semua protein merek lain!

Berat 450 gr, 900 gr, 2.270 gr, 2.720 gr, dan 4.535 gr
Kandungan protein 77 %
Rasa Double rich chocolate, vanilla ice creamcookies & cream dan 23 rasa lainnya

Kesimpulan

Setelah membaca sepuluh rekomendasi produk tersebut, masih bingung produk yang cocok?  Jika masih bingung, tidak ada salahnya Anda mencoba semua dari ketiga jenis produk minuman protein.

Whey sebagai senjata utama untuk menutrisi otot pasca-workout, casein sebagai penutrisi tanpa henti ketika tubuh sedang beristirahat, dan soy sebagai sumber protein sekaligus pembakar lemak agar badan terlihat kering berotot. Selamat mencoba!

Related Search

Tags: minuman post workout minuman pre workout minuman pre workout alami minuman protein minuman protein alami minuman protein di indomaret minuman protein murah minuman protein shake minuman protein terbaik minuman protein tinggi minuman protein untuk wanita minuman sebelum workout minuman selepas workout minuman setelah workout minuman untuk workout minuman workout susu pre workout susu workout

No related post!
banner 728x90