banner 728x90

10 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik dan Terbaru

Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik – Nyamuk ialah serangga yang dipandang seperti pengganggu oleh manusia. Diluar itu, nyamuk serta dapat bawa penyakit beresiko, seperti malaria serta deman berdarah. Beberapa tanaman seperti lavender, rosemary, serta krisan diketahui mempunyai dampak menyingkirkan nyamuk hingga membuat rumah Anda bertambah nyaman.

Tiap tanaman mempunyai kelebihan semasing. Nah, mana yang pas dengan rumah Anda? Jadi jalan keluar, kami akan memberi panduan untuk pilih tanaman pengusir nyamuk yang sesuai dengan untuk rumah Anda. Diluar itu, kami akan memberi referensi tanaman pengusir nyamuk paling baik yang bisa jadi pilihan Anda.

Bagaimanakah cara kerja tanaman pengusir nyamuk?

Bagaimanakah cara kerja tanaman anti nyamuk?

Apakah Anda berpikir tanaman pengusir nyamuk dapat membunuh nyamuk yang mendekatinya? Hal tersebut ternyata tidaklah tepat.

Kebanyakan tanaman pengusir nyamuk hanya mampu mencegah datangnya nyamuk dengan memproduksi bau yang tidak disukai nyamuk. Namun, bau ini seringkali terlalu lemah sehingga dibutuhkan pengolahan atau perlakuan tertentu. Contohnya, Anda harus menggosokkan daunnya pada kulit, mengeringkan daunnya sebelum digunakan, mengekstrak minyaknya untuk digunakan sebagai spray, dan berbagai perlakuan lainnya agar efeknya lebih optimal.

Advertisements

Beberapa tanaman pengusir nyamuk juga ada yang dapat langsung menunjukkan efeknya hanya dengan menanamnya di sekitar rumah Anda. Ketika memilih tanaman pengusir nyamuk, bukan hanya kemampuan tanaman yang perlu dilihat, tetapi juga kemudahan Anda dalam merawat dan mendapatkan manfaatnya.

Cara memilih tanaman pengusir nyamuk

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak membeli tanaman pengusir nyamuk, mulai dari efek tanaman hingga ukuran tanaman tersebut. Berikut pembahasan selengkapnya.

Pilih berdasarkan efek tanaman

Tanaman herbal mampu menghasilkan aroma yang berfungsi menjauhkan serangga dari rumah Anda. Aroma ini terkadang memiliki efek spesifik untuk serangga tertentu saja. Berikut akan kita bahas beberapa tanaman yang niscaya ampuh menghalau nyamuk dari rumah Anda.

Mosquito plant dan southernwood, efektif untuk mengusir nyamuk

Mosquito plant dan southernwood, efektif untuk mengusir nyamuk

Salah satu tanaman yang terkenal mampu mengusir nyamuk adalah mosquito plant. Menurut laporan penelitian oleh Van Leeni, seorang ahli genetika, mosquito plant mampu menurunkan kemampuan nyamuk dalam mendeteksi CO² (karbondioksida) dan menghindarkan kita dari gigitan nyamuk.

Mosquito plant yang diteliti oleh Van Leeni adalah citronella dan geranium. Kedua tumbuhan ini cukup terkenal, terutama tumbuhan yang termasuk dalam genus geranium, seperti rose geranium dan lemon rose geranium.

Selanjutnya adalah southernwood yang dikenal di Australia sebagai tumbuhan penangkal nyamuk. Untuk mendapatkan efeknya, Anda harus mengusap daunnya di kulit, bukan hanya sekadar meletakkannya di sekitar rumah Anda.

Pennyroyal mint dan tansy, efektif menghalau kutu serta tungau

Pennyroyal mint dan tansy, efektif menghalau kutu serta tungau

Sesuai namanya, pennyroyal mint memiliki ciri khas berupa aroma mint yang lembut. Berbeda dari kebanyakan tanaman herbal lainnya, tanaman ini tumbuh merambat di atas tanah. Tanaman ini termasuk tangguh karena tak akan mati meskipun terinjak. Karena efeknya yang dapat menghalau kutu dan tungau, tanaman ini cocok juga untuk menghias area taman atau kebun Anda.

Sementara itu, tansy merupakan endemik zona kering Eropa yang sejak dahulu dikenal ampuh mengusir serangga. Anda cukup menggantung bagian tanaman yang sudah dikeringkan di tempat yang Anda inginkan. Menggantungnya di dalam kandang hewan peliharaan Anda pun bisa menjadi cara jitu untuk mencegah anjing Anda terserang kutu.

Perlu Anda perhatikan bahwa tansy memiliki efek insektisida yang kuat sehingga berbahaya bila termakan. Jadi, pastikan hewan peliharaan Anda tak memakannya. Lalu, tansy dikenal juga sebagai tanaman yang dibenci oleh kucing. Jadi, jauhkan dari kucing kesayangan Anda, ya!

Neem leaves, efektif untuk menghalau lebih dari 200 jenis hama serangga

Neem leaves, efektif untuk menghalau lebih dari 200 jenis hama serangga

Neem adalah tumbuhan yang tumbuh secara alami di India dan memiliki kemampuan untuk mengusir berbagai jenis hama serangga, termasuk nyamuk. Anda cukup menanamnya untuk mendapatkan manfaatnya. Untuk efek yang lebih optimal, Anda dapat mengekstrak daunnya dengan cara direbus. Ekstrak tersebut dapat digunakan sebagai semprotan nyamuk.

Meskipun dikenal sebagai insektisida alami, tanaman ini hanya mengusir nyamuk dan bukan membunuhnya. Neem juga dapat digunakan sebagai bahan masakan. Karena itu, tumbuhan ini dijamin aman untuk manusia.

Pilih ukuran tanaman yang sesuai dengan pot

Pilih ukuran tanaman yang sesuai dengan pot

Ketika membeli tanaman, terutama yang masih berupa bibit, biasanya terdapat informasi mengenai ukuran maksimal tumbuhan dewasa. Hal ini berguna agar Anda dapat memilih ukuran pot yang tepat bagi tanaman Anda.

Untuk tanaman dengan akar yang menancap dalam, seperti bunga kamboja, Anda akan membutuhkan pot yang tinggi dan berdiameter besar. Sedangkan, untuk tanaman dengan akar yang pendek dan menancap dangkal, seperti kebanyakan tanaman herbal, Anda bisa menggunakan pot yang pendek dan berdiameter besar agar bisa menanam banyak bibit sekaligus.

Namun, Anda tentu tetap harus memastikannya dengan mencari informasi dari internet atau bertanya langsung pada penjualnya agar lebih pasti.

Pilih lokasi toko terdekat bila Anda membeli tanaman melalui online shop

Pilih lokasi toko terdekat bila Anda membeli tanaman melalui online shop

Di online shop biasanya dicantumkan keterangan detail tanaman dan cara merawatnya sehingga memudahkan Anda ketika menanamnya. Bila Anda masih pemula, sangat disarankan untuk membelinya melalui online shop, kemudian mengikuti panduan yang sudah tersedia.

Namun, jika jarak pengiriman terlalu jauh tentu akan merepotkan, bukan? Sebagai contoh, toko tanaman berada di Surabaya dan Anda ada di Jakarta. Total waktu pengiriman adalah sekitar 5 hari. Ketika benih tanaman dikirim dari toko, tentu masih dalam kondisi baik, tetapi mungkin benih sudah sedikit rusak setelah tiba di Jakarta. Benih yang sudah tak sehat tak akan tumbuh menjadi tanaman dewasa yang sehat.

Advertisements

Untuk itu, kami merekomendasikan Anda untuk memilih toko yang jaraknya sedekat mungkin dengan rumah Anda.

10 Rekomendasi tanaman pengusir nyamuk terbaik

Setelah mengetahui tips membeli tanaman pengusir nyamuk, Anda juga harus mengetahui berbagai jenis tanaman yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Berikut akan kami perkenalkan 10 rekomendasi tanaman pengusir nyamuk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama.

1. Tanaman Serai Wangi

10. Tanaman Serai Wangi

Harga : Rp 24.000

Mudah ditanam, dapat tumbuh di berbagai iklim dan jenis tanah

Serai wangi adalah tanaman yang sudah terkenal efektif dalam mengusir nyamuk. Efeknya dalam mengusir nyamuk patut diacungi jempol sehingga tidak heran, ekstrak tanaman ini sering dijadikan sebagai bahan lotion antinyamuk. Anda pun cukup menanam tanaman berwujud seperti rumput liar berdaun panjang ini di perkarangan rumah agar mendapatkan efek pengusir nyamuknya.

Kemampuan tanaman dalam beradaptasi dengan berbagai iklim dan jenis tanah membuat tanaman ini mudah dirawat. Tinggi tanaman dewasanya yang dapat mencapai 100 cm, cocok juga dijadikan pagar tanaman di sekeliling rumah. Untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus tanaman, serai wangi ini sangat direkomendasikan untuk Anda.

2. Benih Herbal Lemon Balm

9. Benih Herbal Lemon Balm

Harga : Rp 6.950

Aroma lemon menyegarkan untuk taman lebih segar dan rumah bebas nyamuk

Seperti namanya, tanaman ini mampu menghasilkan aroma lemon yang segar ketika dihirup. Segar bagi manusia, tetapi dibenci oleh nyamuk. Nektar bunganya adalah favorit kupu-kupu sehingga ketika bunganya yang berwarna putih tumbuh, kupu-kupu akan berdatangan. Kebun yang harum dan dikerumuni oleh kupu-kupu cantik, pemandangan yang indah, bukan?

Untuk membuat pekarangan Anda bebas nyamuk sekaligus beraroma segar, lemon balm ini pas menjadi pilihan. Selain itu, daun tanaman ini juga cocok digunakan sebagai penyedap rasa. Lemon balm yang dapat tumbuh hingga setinggi 80-100 cm ini dikenal bisa tumbuh dengan cepat. Anda pun tidak membutuhkan waktu lama untuk menikmati manfaatnya.

3. Tanaman Neem

8. Tanaman Neem

Harga : Rp 35.000

Pestisida alami serbaguna yang dijamin aman bagi manusia

Tanaman neem yang dikenal juga sebagai mimba atau intaran ini ternyata tak hanya mampu mengusir nyamuk saja. Di negara asalnya, yaitu India, tanaman yang dijuluki “apotek desa” ini juga dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan obat tradisional. Cukup tanam tanaman ini halaman atau pekarangan rumah Anda, maka nyamuk tak akan berani mendekat!

Dikenal sebagai pestisida alami, Anda pun dapat mengekstraksi daunnya untuk dijadikan spray pengusir serangga, bahkan untuk mengusir hama serangga dari tanaman Anda yang lain! Dapat menyesuaikan diri di tanah tandus, tanaman ini mampu tumbuh hingga setinggi 20 meter. Cocok untuk Anda yang menginginkan tanaman rindang sekaligus pengusir nyamuk.

4. Bibit Bunga Rosemary

7. Bibit Bunga Rosemary

Harga : Rp 10.000

Ditanam indoor oke, outdoor pun oke

Indonesia memiliki intensitas sinar matahari yang cukup tinggi. Hal ini membuat sebagian jenis tanaman jadi mudah layu, tetapi tidak untuk rosemary. Tanaman ini memiliki ketahanan yang tinggi terhadap sinar matahari sehingga selain cocok ditanam di dalam pot sebagai hiasan interior rumah, membiarkannya tumbuh di luar sebagai tanaman hias di taman pun tak masalah.

Rosemary juga mampu menghasilkan aroma yang kuat dan menjauhkan nyamuk dari rumah Anda. Memiliki karakteristik fisik tegak dan tinggi sekitar 80-100 cm saat dewasa, rosemary akan menjadi pagar alami yang cantik untuk rumah Anda. Rosemary ini sangat direkomendasikan sebagai perlindungan pertama dari serbuan nyamuk ke dalam rumah Anda.

5. Bibit Tanaman Selasih

6. Bibit Tanaman Selasih

Harga : Rp 25.000

Mudah ditumbuhkan di mana saja, praktis berkat perawatan yang mudah

Selasih adalah tanaman yang dikenal berkhasiat sebagai obat tradisional dan pengusir nyamuk melalui aroma yang dihasilkannya. Sifat tanaman ini yang tahan terhadap sinar matahari membuatnya cocok ditanam di luar ruangan. Di lain sisi, ukuran tanaman saat dewasa yang hanya berkisar 50-60 cm membuatnya juga cocok diletakkan di dalam ruangan.

Untuk Anda yang ingin perlindungan total dari nyamuk baik di luar ataupun di dalam ruangan, tanaman selasih dapat menjadi rekomendasi terbaik untuk Anda. Anda hanya tinggal menaburkan biji atau benihnya di atas tanah yang gembur dan menyiramnya setiap hari, tanpa perawatan khusus lainnya. Anda yang masih pemula niscaya tak akan kesulitan merawatnya.

6. Tanaman Bunga Krisan

5. Tanaman Bunga Krisan

Harga : Rp 35.000

Perkarangan menjadi lebih cantik dan rumah pun bebas nyamuk!

Bunga krisan adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak disukai. Bentuk bunga dan warnanya yang indah membuat tanaman yang dapat tumbuh hingga setinggi 50 cm ini, seringkali menjadi bagian dari rangkaian buket bunga. Aroma yang dihasilkannya pun akan membuat Anda terkesan, tetapi sebaliknya para nyamuk tidak akan berani mendekat.

Bunga krisan ini sangat direkomendasikan untuk memperindah pekarangan rumah. Suasana pekarangan lebih hidup, rumah Anda pun akan bebas nyamuk. Setelah tanaman ini mulai berbunga, Anda dapat memetik bunganya dan mengeringkannya untuk dijadikan teh. Sedap dipandang, mampu mengusir nyamuk, dan bisa dijadikan teh, apalagi yang kurang?

7. Tanaman Zodia

4. Tanaman Zodia

Harga : Rp 25.000

Mengusir nyamuk sekaligus mengobati bekas gigitan nyamuk

Zodia adalah tanaman endemik asal Papua yang sudah banyak dibudidayakan saat ini. Masyarakat Papua biasa menggunakan aroma dari tanaman ini untuk mengusir nyamuk. Anda cukup meletakkannya di dalam ruangan untuk mendapatkan manfaatnya. Namun, untuk hasil lebih optimal, Anda juga boleh mengusapkan daunnya ke kulit Anda.

Memiliki tinggi sekitar 70 cm ketika sudah dewasa, tanaman ini tak akan terasa terlalu bongsor diletakkan di dalam ruangan. Satu lagi khasiat hebat dari tanaman ini! Hanya dengan mengusapkan daun Zodia ini pada area bekas gigitan nyamuk, bentol dan gatal pun lenyap. Cocok bagi Anda yang menginginkan lebih dari sekadar tanaman pengusir nyamuk.

8. Bibit Bunga Lavender

3. Bibit Bunga Lavender

Harga : Rp 2.000

Telah dikenal sejak lama sebagai pengusir nyamuk yang handal

Penggemar bunga atau bukan, Anda pasti pernah mendengar tentang bunga yang umumnya berwarna ungu ini. Ya, bunga yang sering digunakan sebagai wewangian ini juga digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan lotion antinyamuk. Bunga yang dapat tumbuh hingga sekitar 20-80 cm ini juga mudah ditanam karena cocok dengan iklim Indonesia.

Selain efeknyanya, bunga ini memiliki aroma harum dan warna yang menarik sehingga cocok dijadikan sebagai penghias perkarangan rumah Anda. Apabila Anda mencari tanaman pengusir nyamuk yang tidak diragukan lagi kemampuannya, lavender inilah pilihannya. Cukup ditanam, Anda akan dapat menikmati keindahan, harum, dan efek pengusir nyamuknya.

9. Bibit Bunga Kamboja

2. Bibit Bunga Kamboja

Harga : Rp 2.000

Tanaman pengusir nyamuk yang setia menemani selama puluhan tahun

Bunga kamboja sering dianggap bunga keramat karena pohonnya sering ditemukan di pemakaman. Meski begitu, bukan berarti bunga ini tidak bisa ditanam di perkarangan rumah Anda. Tanaman ini cukup banyak disukai karena bunganya hadir dalam beberapa macam warna lembut. Saat mekar sempurna, kebanyakan orang akan berdecak kagum akan keindahan bunganya.

Untuk mendapatkan efek yang optimal, Anda dapat mengekstraksi minyak bunganya. Minyaknya harum dan memiliki efek aromaterapi, sekaligus ampuh dalam mengusir nyamuk. Tanaman bunga ini mampu tumbuh hingga setinggi 6 meter dan hidup selama puluhan tahun. Tak ingin bolak-balik menanam tanaman pengusir nyamuk? Tanaman kamboja solusinya.

10. Tanaman Pink Rose Geranium

1. Tanaman Pink Rose Geranium

Harga : Rp 60.000

Pilihan terbaik untuk menciptakan ruangan yang harum dan bebas nyamuk

Anda cukup meletakkan tanaman yang cocok ditanam di dalam pot ini di dalam ruangan untuk mendapatkan efek pengusir nyamuknya. Dengan tinggi 20-80 cm, tanaman ini dapat menumbuhkan bunga berwarna merah muda yang indah. Ukuran tanaman yang terbilang mini dan bunganya yang menawan, tentu cocok untuk menghiasi ruangan-ruangan Anda.

Efek pengusir nyamuknya berasal dari aroma bunga yang menyebar melalui perantara udara sehingga disarankan untuk tidak meletakkannya di ruangan yang terlalu besar. Selain itu, aroma bunga ini memiliki efek kesehatan yang mumpuni, seperti mengurangi stres. Bagi Anda yang tinggal di apartemen atau kos, bunga ini bisa menjadi pilihan tepat dalam mengusir nyamuk.

Kesimpulan

Menemukan tanaman pengusir nyamuk yang cocok memang membutuhkan ketelitian karena jenisnya yang beragam. Anda juga harus memikirkan faktor perawatan dan ukuran tanamannya. Namun, begitu Anda menemukan tanaman yang cocok, rumah Anda akan menjadi lebih nyaman karena bebas nyamuk.

Jadi, apakah Anda sudah menemukan tanaman yang cocok untuk diletakkan atau ditanam di rumah? Kami harap salah satu dari tanaman yang kami rekomendasikan menjadi kandidatnya. Semoga dengan artikel ini Anda dapat terbantu dalam mengusir nyamuk-nyamuk pengganggu yang membawa penyakit.

Related Search

Tags: gambar tanaman pengusir nyamuk harga tanaman pengusir nyamuk pohon lavender jenis tanaman pengusir nyamuk jual tanaman pengusir nyamuk jual tanaman pengusir nyamuk di jakarta jual tanaman pengusir nyamuk pohon lavender tanaman pengusir nyamuk tanaman pengusir nyamuk alami tanaman pengusir nyamuk dalam ruangan tanaman pengusir nyamuk dan lalat tanaman pengusir nyamuk dan serangga tanaman pengusir nyamuk di dalam ruangan tanaman pengusir nyamuk di kamar tanaman pengusir nyamuk indoor tanaman pengusir nyamuk paling ampuh tanaman pengusir nyamuk terbaik

No related post!
banner 728x90