10 Cara Aman untuk Menghilangkan Milia pada Orang Dewasa

Apakah ada kista kecil yang menjengkelkan muncul di wajah Anda? Biasanya kista ini terlihat berkumpul di area mata, hidung, dan pipi atas. Tapi, tidak cuma di wajah saja, benjolan kecil-kecil ini juga bisa muncul di area tubuh lainnya, loh. Kista ini merupakan daging yang tumbuhnya abnormal, jadi mereka menonjol keluar. Nah, kista kecil ini bernama milia.

Apakah Anda pernah mendengar yang namanya milia? Bukan nama pacarnya Dilan, ya, hihi. Jadi, milia merupakan tonjolan berwarna putih atau kuning. Ketika tidak sengaja tersentuh kadang menimbulkan nyeri dan bisa pecah. Ketika pecah akan ada seperti cairan yang keluar. Tapi, sebenarnya milia ini tidak boleh dipecahkan, loh! Alasannya akan Kamini bahas nanti, ya.

Kenapa Milia Bisa Muncul?

Milia

 

Milia terjadi ketika keratin terperangkap di bawah permukaan kulit. Anda mungkin tahunya keratin itu ada di rambut saja. Padahal, keratin adalah protein kuat yang ada di dalam jaringan kulit, rambut, dan sel kuku. Walaupun biasanya umum ditemukan pada bayi, milia dapat terjadi pada semua orang, tidak terpaut usia ataupun etnis.

Beberapa faktor penyebab datangnya milia adalah ketika kulit melepuh karena kondisi penyakit, seperti epidermolysis bullosa (EB), pemfigoid cicatricial, atau porphyria cutanea tarda (PCT). Lalu bisa karena cedera, seperti terkena poison ivy.

Anda terbakar matahari karena berada di bawah sinar matahari terlalu lama juga bisa menyebabkan milia. Lalu, penggunaan krim steroid dalam jangka panjang dan prosedur pelapisan kulit ketika Anda melakukan treatment laser juga bisa membuat milia datang.

Milia sebenarnya tidak berbahaya, hanya saja sangat mengganggu penampilan. Dan, Anda tidak perlu melakukan apa-apa sebenarnya, karena sering kali milia hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, jika Anda merasa sangat terganggu dan ingin milia cepat-cepat pergi, ada juga kok cara aman untuk menghilangkannya. Inilah beberapa cara menghilangkan milia pada orang dewasa yang telah Kamini rangkum untuk Anda.

Cara Aman Menghilangkan Milia

Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses hilangnya milia. Anda bisa mencoba perawatan ala rumahan dan yang lebih advanced yang akan Kamini share di bawah ini.

1. Minyak Pohon Teh

Minyak Pohon Teh Tea Tree OIl

Dalam upaya menghilangkan milia secara alami, Anda bisa menggunakan tea tree oil alias minyak pohon teh. Minyak ini membantu mengeringkan milia dengan lebih cepat. Jika milia cepat kering, semakin cepat juga milia sembuh. Selain itu, tea tree oil mengandung antiseptik dan antiinflamasi yang membantu mencegah infeksi lebih lanjut di daerah yang ada milianya.

Baca Juga  6 Cara Membuat Masker Wajah Alami Sendiri di Rumah

Cara menggunakannya adalah dengan membubuhkan tea tree oil secukupnya pada area yang diinginkan. Pastikan wajah Anda sudah bersih terlebih dahulu, ya! Diamkan minyak selama 30 menit sebelum dibilas.

2. Cuka Sari Apel

apple cider vinegar Cuka Sari Apel

Cuka sari apel, atau Anda mungkin lebih mengenalnya sebagai apple cider vinegar, adalah cuka yang dibuat dari jus apel yang difermentasi. Biasanya cuka ini dipakai sebagai dressing salad, bumbu rendaman, hingga pengawet makanan. Akan tetapi, cuka ini juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya adalah untuk mengobati milia.

Cuka sari apel bersifat astringen, sehingga dapat membantu mengecilkan ukuran pori-pori kulit. Hal ini memaksa kotoran keluar dari pori-pori Anda dan membantu menyingkirkan milia.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampur 1 sdm cuka apel dengan 1 sdm air. Aduk rata, lalu ambil kapas bulat dan celupkan ke dalam larutan cuka. Aplikasikan cuka pada area kulit yang ada milianya. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air. Lakukan setiap hari untuk hasil maksimal.

3. Air Perasan Lemon

Lemon

Cara memberantas milia dengan treatment rumahan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon. Yang Anda butuhkan adalah ½ buah lemon dan sejumput garam (pilihan). Setengah lemon tadi bisa langsung Anda aplikasikan ke wajah.

Ada pula cara lainnya yaitu dengan memeras lemon, lalu tambahkan garam ke dalamnya. Aplikasikan pada milia menggunakan kapas. Diamkan selama setengah jam lalu bilas. Untuk hasil maksimal lakukan setiap hari, ya.

Kenapa lemon bisa memberantas milia? Jus lemon bertindak sebagai astringen alami yang membantu membersihkan pori-pori sekaligus mengurangi ukurannya. Selain itu, lemon juga mengandung sifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu mengeringkan milia dan membersihkannya dengan cepat.

4. Minyak Jarak

Ini adalah castor oil (minyak jarak). Jika mau membelinya, sebaiknya pilih yang dibuat dengan cara cold-pressed.  Minyak jarak memiliki sifat emolien dan anti-inflamasi, sehingga dapat membantu memerangi milia.

Yang Anda butuhkan adalah ½ sdt minyak jarak. Aplikasikan minyak pada area milia yang sebelumnya sudah dibersihkan dengan cara cuci muka atau pakai cleanser. Diamkan hingga minyak menyerap ke dalam kulit selama 30 menit – 1 jam, setelah itu bilas menggunakan air.

5. Madu

Anda punya madu di rumah? Manfaatkan untuk memberantas milia, yuk! Sejak zaman kuno, madu sudah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Apalagi setelah diketahui pada abad ke-19 kalau madu mengandung antibakteri alami, orang-orang masa kini pun tidak ragu untuk menggunakan madu sebagai penyembuh.

Cara kerja madu sebagai penyembuh adalah dengan meningkatkan produksi sel khusus yang berguna untuk memperbaiki jaringan yang rusak oleh infeksi.

Baca Juga  14 Merk Jam Tangan Wanita Branded di Dunia

Akan tetapi, perlu Anda ketahui kalau tidak semua madu memiliki kualitas antibakteri yang sama. Semua itu tergantung pada jenis madu dan waktu madu tersebut dipanen. Untuk mendapatkan madu dengan tingkat antibakteri yang tinggi, pilihlah madu manuka.

Madu ini dibuat di Australia dan Selandia Baru. Madu ini diambil dari lebah yang menyerbuki semak manuka saja. Madu ini dipercaya dapat mengobati infeksi luka dan penyakit kulit lainnya dengan sangat cepat. Tekstur dan warna madu manuka mirip seperti karamel.

Jika sudah ada madu manukanya, ambil ½ sdm madu, lalu aplikasikan pada malia menggunakan jari Anda. Tidak perlu pelit-pelit, aplikasikan dalam jumlah yang banyak. Biarkan madu selama 20 menit, lalu bilas.

6. Minyak Kelapa

 

Coconut oil alias minyak kelapa merupakan material selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk memberantas malia. Gunakanlah cold-pressed coconut oil,

Minyak kelapa mengandung sifat anti-inflamasi dan juga pelembab. Makanya, minyak ini sangat bagus buat mengatasi milia. Selain milia hilang, kulit anda pun akan jadi lembab.

Cara memakainya, tuangkan minyak ke telapak tangan secukupnya, lalu aplikasikan pada area kulit yang terkena milia. Anda bisa mendiamkannya selama 30 – 60 menit sebelum dibilas.

7. Lulur Gula

Siapa yang suka scrubbing pakai gula? Sugar scrub biasanya lebih populer dipakai sebagai lip scrub, tapi Anda bisa juga mengaplikasikannya pada wajah maupun tubuh. Berikut adalah tata cara membuat sugar scrub:

Bahan:

  • 2 sdm gula pasir
  • ½ lemon, peras
  • 1 sdt minyak kelapa

Cara membuat:

Campurkan semua bahan, aduk rata. Selesai!

Ini biasanya cukup untuk satu kali perawatan. Jika Anda mau lebih praktis buat saja dalam porsi banyak, lalu masukkan ke dalam jar. Aplikasikan scrub ke area yang diinginkan, lalu gosok perlahan-lahan. Setelah itu diamkan selama 15 menit sebelum Anda bilas. Treatment ini bisa Anda lakukan sebanyak 3 kali seminggu.

8. Pasta Gigi

Siapa sangka kalau pasta gigi bisa dipakai untuk mengusir milia? Anda bisa menggunakan pasta gigi tipe apa saja, tapi harus ada fluornya. Pasta gigi yang mengandung fluorida dan natrium bikarbonat akan membantu mengeringkan jerawat dan milia lebih cepat.

Baca Juga  Inilah Cara Mengatasi Bibir Hitam Secara Alami

Langsung saja aplikasikan pasta gigi tebal-tebal ke area kulit yang ada milianya. Nah, ini agak unik karena Anda harus mengaplikasikannya pada malam hari. Biarkan pasta gigi di wajah Anda selama Anda tidur, baru bilas ketika Anda terbangun esok harinya. Treatment ini baik dilakukan sebanyak tiga kali seminggu.

9. Uap

Para wanita yang rajin treatment kecantikan di rumah pasti sering melakukannya. Soalnya menguap wajah dengan uap panas sering dilakukan sebelum melakukan treatment apapun. Dengan men-steam wajah Anda, maka pori-pori kulit akan terbuka. Jika pori-pori sudah terbuka, maka sel kulit mati dan kotoran akan keluar. Dengan begitu, milia pun lebih mudah dihilangkan.

Siapkan baskom atau mangkuk besar yang berisi air panas. Anda bisa menambahkan minyak esensial jika ingin. Tundukkan kepala dan tutup kepala Anda dengan handuk besar.

Uapi wajah Anda selama 5 – 10 menit. Atau, Anda bisa juga menggunakan face steamer berteknologi tinggi sehingga Anda tidak perlu menundukkan wajah dan menggunakan handuk lagi.  Setelah steam wajah selesai, scrub wajah Anda dengan lulur gula tadi.

10. Dokter Kulit

Ya, tadi itu merupakan cara memberantas milia secara alami dengan bahan-bahan rumahan. Jika Anda merasa kerepotan melakukan semua itu, atau milia di wajah Anda tidak hilang-hilang, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit. Nantinya dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan metode yang paling tepat untuk kasus milia Anda. Berikut adalah beberapa contoh treatment untuk menghilangkan milia:

  • Deroofing

 

Menggunakan jarum steril untuk mengeluarkan isi milia. Prosedurnya, milia akan ditusuk untuk mengeluarkan isinya. Lalu milia ditekan menggunakan pengambil komedo. Akan tetapi, dengan metode ini milia masih bisa muncul di tempat lain.

  • Topical Retinoids

 

Ini merupakan eksfoliator wajah berbasis vitamin A. Bentuknya krim, gel, atau lotion sehingga  mudah digunakan sendiri di rumah.

  • Chemical Peels

 

Chemical peels menyebabkan lapisan pertama kulit terkelupas secara kimiawi. Tujuan prosedur ini adalah untuk merangsang pertumbuhan kulit baru agar lebih cepat.

  • Cryotherapy

 

Terakhir, ada cara paling berteknologi tinggi dan paling mahal, yaitu cryotherapy. Prosedur ini menggunakan nitrogen cair. Cara kerjanya adalah dengan membekukan milia menggunakan nitrogen tersebut.

Milia sebenarnya bukan penyakit berbahaya dan bukanlah masalah besar, namun memang sangat mengganggu penampilan. Lakukan cara yang paling Anda sukai untuk membuang milia. Selamat mencoba!

Incoming search terms:

  • castor oil bisa menghilangkan milia
No related post!