10 Cara Membuat Badan Berisi dan Gemuk Secara Alami

Tubuh  idaman adalah impian semua orang, maka dari itu tidak jarang orang yang memiliki badan gemuk rela berkorban untuk mengurangi berat badannya. Begitupun sebaliknya, orang yang memiliki tubuh kurus pasti mencari cara membuat badan jadi lebih gemuk dan berisi agar tubuhnya menjadi ideal.

Orang yang memiliki tubuh kurus dianggap lebih mudah untuk mencapai tubuh ideal karena yang dibutuhkan adalah menambah asupan gizi. Padahal sebenarnya tidak jarang juga orang yang susah payah berusaha menaikkan berat badannya tetapi badannya tetap kurus.

Bagi yang  memiliki masalah tersebut, Anda jangan menyerah karena terdapat berbagai macam cara yang dapat Anda tempuh. Berikut ini berbagai macam cara membuat badan berisi secara sehat dan alami. Apa sajakah itu?

10 Cara Membuat Badan Berisi dan Gemuk

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Untuk menambah berat badan, Anda perlu menambah asupan makanan. Akan tetapi Anda juga harus memperhatikan pilihan makanan yang harus dikonsumsi supaya lemak yang dapat dihasilkan oleh tubuh adalah lemak yang sehat. Jenis makanan yang harus Anda konsumsi adalah:

  • Makanan sumber karbohidrat

Kandungan karbohidrat pada makanan berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh. Jadi apabila Anda memiliki aktivitas yang padat Anda tetap memiliki energi yang cukup tanpa harus menghancurkan lemak tubuh.

Maka dari itu dengan mengonsumsi makanan kaya karbohidrat dapat menambah berat badan Anda secara bertahap. Sumber karbohidrat bisa Anda dapatkan pada beras, gandum, kentang, roti, ubi, dan jagung. Makanan sumber karbohidrat ini biasanya dijadikan sebagai makanan pokok di Indonesia.

  • Makanan sumber protein

Kandungan protein berfungsi untuk memperbaiki serat otot pada tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein secara berkala akan membuat tubuh menjadi lebih berisi. Makanan yang mengandung sumber  protein terdapat pada daging merah , dada ayam, salmon, tuna, dan kacang-kacangan.

Baca Juga  Jerawat Menggangumu , Hilangkan Dengan Cara ini !

Selain jenis makanan di atas, cari tahu juga jenis makanan lain yang baik untuk meningkatkan berat badan dalam artikel makanan untuk menambah berat badan.

2. Tambah Porsi Makan

Selain pemilihan makanan untuk dikonsumsi, ada juga kebiasaan-kebiasaan yang perlu Anda lakukan salah satunya adalah menambah porsi makan. Untuk menambah tubuh berisi Anda dapat menambah porsi makanan secara bertahap dan rutin setiap hari.

Kandungan yang terdapat dalam makanan juga harus seimbang satu dengan yang lain. Artinya, Anda harus menyeimbangkan konsumsi karbohidrat, protein, dan yang lainnya. Selain proses pembentukan badan lebih cepat, Anda juga tidak akan mengalami kekurangan gizi.

3. Minum Susu

Tubuh membutuhkan kandungan protein, mineral, dan zat lainnya yang terdapat pada susu. Maka dari itu minumlah susu dua kali setiap hari. Susu juga dapat menambah massa pada otot. Apabila Anda tidak suka dengan susu maka Anda dapat menggantinya dengan yogurt, keju, dan produk olahan susu lainnya.

Jenis susu yang biasa dikonsumsi oleh para atlet atau olahragawan yang ingin badannya tampak berisi adalah whey protein. Jenis susu ini sudah bisa diperoleh dengan mudah di situs belanja online atau supermarket terdekat. Namun, konsumsi whey protein ini biasanya harus diimbangi dengan latihan yang tepat untuk membantu pembentukan massa otot.

4. Jangan Lupa Sarapan

Sarapan di pagi hari merupakan salah satu pola makan yang baik. Dengan sarapan maka tubuh kita akan mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga  10 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Pilihlah menu sarapan yang sehat seperti telur, susu, roti, jus, buah-buahan, dan sayuran. Selain itu, sarapan juga bisa membuat tubuh Anda jadi lebih berenergi. Ketika tubuh lebih berenergi, maka Anda jadi lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sarapan memang penting dilakukan saat sedang diet menurunkan berat badan atau meningkatkan berat badan. Namun agar waktu makan Anda lebih teratur, cek artikel jadwal makan untuk menambah berat badan ini.

5. Rajin Minum Air Putih

Konsumsi air putih minimal 2 liter atau sekitar 8 gelas setiap harinya. Pasalnya air putih akan membantu proses pencernaan dan pengeluaran racun dalam tubuh. Dengan begitu, makanan yang telah Anda konsumsi dapat dicerna dan diserap dengan baik kandungan gizinya oleh tubuh.

6. Ngemil Makanan Ringan

Banyak orang menghindari cemilan karena dapat meningkatkan berat badan dengan cepat. Nah, bagi Anda yang memiliki badan kurus, hal ini justru menjadi keharusan. Cobalah untuk memakan makanan ringan di waktu kosong atau di saat menonton televisi.

Namun ingat, usahakan makanan ringan yang Anda konsumsi adalah makanan yang sehat dan bergizi. Beberapa makanan ringan yang direkomendasikan di antaranya adalah keju, sereal, biskuit gandum, roti, dan jus alpukat. Sebisa mungkin hindarilah gorengan atau makanan yang digoreng lainnya.

7. Jangan Minum Sebelum Makan

Usahakan untuk tidak minum sebelum atau di pertengahan makan. Pasalnya, minum di kedua waktu tersebut akan membuat perut terasa kenyang sehingga nafsu makan akan berkurang. Jika sudah begitu maka secara otomatis porsi makanan yang kita konsumsi juga akan berkurang.

Baca Juga  Hindari Makanan Ini Jika Tidak Ingin Berjerawat

Kebiasaan minum sebelum makan ini umumnya dilakukan oleh orang-orang yang hendak melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, hindari kebiasaan ini jika Anda ingin memiliki tubuh yang lebih berisi.

8. Kunyah Makanan Sampai Halus

Kunyahlah makanan hingga benar-benar halus sebelum Anda menelannya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah tubuh dalam mencernanya. Jika proses pencernaan berjalan lancar, maka proses penyerapan gizi dari makanan tersebut juga akan berjalan dengan baik.

Kalau menu makanan Anda tidak sesuai selera sehingga Anda kesulitan mengunyah dan menelan makanan tersebut, cari tahu tips menambah nafsu makan dalam artikel cara agar nafsu makan bertambah.

9. Coba Makanan Penutup

Cobalah untuk mengkonsumsi makanan penutup seperti es krim, pudding, dan lainnya ketika selesai mengkonsumsi makanan utama. Berbagai makanan tersebut dapat mempercepat naiknya berat badan. Namun jangan terlalu sering mengkonsumsinya karena makanan yang mengandung banyak gula kurang baik untuk tubuh.

10. Rajin Olahraga

Dengan berolahraga tubuh dapat lebih berisi karena dapat menambah massa otot. Untuk waktu olahraga batasi paling lama 1 jam agar energi yang Anda miliki tidak semuanya terbuang untuk olahraga. Sementara itu, tubuh Anda tetap membutuhkan kalori untuk membangun otot-otot Anda.

Lakukanlah olahraga tersebut secara rutin minimal 4 kali dalam satu minggu. Latihan yang paling bagus untuk membuat tubuh jadi semakin berisi adalah angkat beban. Bila Anda sedang menjalankan program untuk membuat badan jadi lebih berisi, maka Anda harus mengurangi latihan kardio.

No related post!