10 Cara Perawatan Rambut Diwarnai Agar Tetap Sehat

Sebagai perempuan yang selalu meng-update penampilan sesuai dengan trend warna rambut, mau tidak mau kita dihadapkan pada risiko. Kerusakan rambut. Nggak mau dong tampilan jadi minus gara-gara rambut kering, bercabang, atau mengalami kerontokan rambut. Tapi jangan khawatir, ada sederet cara perawatan rambut kesayangan setelah diwarnai. Simak yang berikut ini ya, Ladies:

Inilah Cara Perawatan Rambut Diwarnai Agar Tetap Sehat

1. Cara Perawatan Rambut dengan Clarifying Sampo

Setelah mengaplikasikan cat rambut, ada kalanya warna rambut menjadi lebih gelap di satu sisi dibandingkan yang lainnya. Gunakan clarifying shampo yang bikin warna rambut jadi lebih rata dengan gradasi warna rambut yang tepat. Selain itu, produk perawatan rambut ini juga dapat membersihkan rambut dari kotoran, akibat sisa produk hairstyling atau polusi udara.

 

2. Manfaat Masker Rambut

Masalah yang umum terjadi setelah rambut diwarnai adalah kondisi rambut kering. Oleh karena itu perlu tambahan kelembapan yang bikin rambut tetap sehat dan berkilau. Aplikasikan masker rambut alami maupun yang dijual di pasaran secara rutin, misalnya seminggu sekali. Nikmati hasil rambut sehat, lembap, dan mencegah rambut bercabang.

Baca Juga  Tanpa Perlu ke Salon, Inilah 10 Krim Pelurus Rambut yang Bisa Kamu Gunakan di Rumah

 

3. Lindungi Rambut Saat Berolahraga

Berolahraga telah menjadi kegiatan yang wajib dilakukan secara rutin. Jangan biarkan rambut yang telah diberi cat rambut jadi alasan untuk tidak melakukan aktivitas fisik lho. Gunakan topi saat berada di bawah terik matahari. Jika memilih olahraga renang, jangan lupa gunakan topi renang, untuk melindungi rambut dari bahan kimia penjernih air kolam.

 

4. Cuci Rambut dengan Air Dingin

Salah satu cara perawatan rambut diwarnai yang mudah dilakukan di rumah adalah dengan keramas menggunakan air dingin. Cara ini menjaga kutikula rambut, sehingga rambut lembut dan bercahaya. Memakai air hangat justru merampas kelembapan alami rambut dan membuat rambut kering.

5. Cara Merawat Rambut dengan Dry Sampo/Sampo Tanpa Bilas

Rambut yang diwarnai memang rentan mengalami masalah rambut kering dan kusam. Oleh karena itu, lakukan keramas minimal sekali seminggu untuk membersihkan kotoran yang melekat pada rambut. Jika merasa tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci dan mengeringkannya secara alami, jatuhkan pilihan pada dry shampo. Selain membersihkan dan membebaskan rambut dari minyak, produk perawatan rambut ini juga memberikan aroma segar pada rambut.

Baca Juga  6 Cara Menghilangkan Uban Secara Alami

 

6. Gunakan Serum Khusus

Terkadang penggunaan cat rambut dapat membuat rambut terlihat kusam dan kering, apalagi jika sering terkena sinar matahari maupun peralatan hairstyling, seperti curling iron atau hair dryer. Atasi dengan penggunaan serum khusus untuk rambut diwarnai. Selain membuat rambut tetap sehat, juga mempertahankan warna cat rambut agar tidak mudah pudar.

7. Minimalkan Penggunaan Alat Penata Rambut

Rambut yang diwarnai memang lebih rentan pada proses penataan rambut, terutama yang melibatkan panas, seperti penggunaan hair dryer dan catok rambut. Jika tidak diperlukan, minimalkan penggunaan alat-alat tersebut, atau gunakan serum rambut khusus sebelum mulai menata model rambut yang diinginkan.

 

8. Cara Merawat Rambut dengan Minyak Zaitun

Terkenal karena manfaatnya yang luas untuk mempercantik penampilanmu, minyak zaitun mengandung nutrisi untuk menjaga kesehatan rambut. Caranya cukup mudah, usapkan satu hingga dua sendok teh minyak zaitun ke kulit kepala. Pijat secara perlahan lalu diamkan 20-30 menit, cuci seperti biasa. Rambut jadi berkilau dan lembut.

Baca Juga  Cara Membuat Rambut Mengembang Agar Tidak Terlihat Lepek

 

9. Pisang Atasi Rambut Kering

Selain sedap dikonsumsi langsung, pisang juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan rambut. Agar rambut bebas dari masalah rambut kering dan rusak karena penggunaan cat rambut, cukup campurkan pisang yang sudah dihaluskan dengan yogurt. Aplikasikan ke rambut secara merata, dari ujung hingga pangkal rambut. Diamkan selama 20 menit, lalu keramas seperti biasa. Lakukan secara teratur 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan ya.

 

10. Sehatkan Rambut dengan Madu

Karena lupa merawat rambut yang diwarnai, rambut jadi kering dan mudah rontok. Duh sayang banget kan, coba deh atasi dengan menggunakan madu. Ambil 2-3 tetes madu, lalu campurkan pada shampo atau kondisioner. Usapkan merata ke seluruh rambut, diamkan sebentar lalu cuci bersih.

Gunakan tips-tips di atas sebagai cara perawatan rambut yang diwarnai, agar tetap sehat dan terlihat cantik. Selamat mencoba!

 

 

No related post!