10 Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh yang Bikin Sehat

Daya tahan tubuh setiap orang berbeda-beda, ada yang sehat walafiat meskipun habis kehujanan, tapi ada yang langsung jatuh sakit ketika memasuki musim pancaroba. Mengonsumsi vitamin yang ada di dalam artikel vitamin untuk daya tahan tubuh dewasa memang perlu. Namun, alangkah lebih baik jika konsumsi vitamin juga diimbangi dengan konsumsi makanan penambah antibodi.

Makanan pendongkrak imun bermanfaat agar tubuh tidak gampang sakit. Sejumlah makanan penambah daya tahan tubuh umumnya dilengkapi dengan vitamin, nutrisi, dan antioksidan yang dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh. Yuk, kenali makanan sehat untuk menguatkan daya tahan tubuh ini!

10 Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh

1. Bawang Putih

Tidak semua orang menyukai makanan penambah daya tahan tubuh yang satu ini jika harus dikonsumsi dalam keadaan mentah. Pasalnya, aroma bawang putih sangat menyengat dan bisa membuat nafas jadi tidak segar. Belum lagi rasa bawang putih mentah memang tidak enak.

Akan tetapi, bawang putih merupakan makanan penguat sistem imun karena di dalamnya terdapat kandungan sulfuric bernama allicin. Konsumsi satu siung bawang putih setiap hari akan membuat tubuh jadi lebih sehat dan terhindari dari berbagai jenis penyakit ringan maupun kronis.

2. Jahe

Pernahkah Anda minum air jahe ketika sedang demam atau tidak enak badan? Setelah menyeruput sedikit air jahe hangat, tubuh pun terasa lebih segar dan membaik. Sejak dulu sampai sekarang, jahe diklaim sebagai tanaman herbal untuk kekebalan tubuh.

Jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus zat-zat beracun yang ada di dalam tubuh. Secara umum, jahe memang memiliki sifat untuk membersihkan berbagai organ tubuh, seperti paru-paru. Jika tubuh sudah didetoks secara alami, maka sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat.

Baca Juga  7 Cara Memakai Siwak yang Benar agar Gigi Putih dan Sehat

3. Lemon

Lemon masuk dalam daftar buah penguat daya tahan tubuh yang paling ampuh. Bagaimana tidak, buah yang satu ini mengandung Vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C adalah salah satu vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan Vitamin C terbesar bisa Anda dapatkan dalam jeruk lemon ini.

Orang yang sering mengonsumsi lemon tentu akan lebih sehat dan tidak mudah sakit. Bahkan, konsumsi lemon dapat mempercepat proses recovery dari suatu penyakit, lho. Meskipun bersifat asam, lemon juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan sakit maag dan menurunkan asam lambung yang tinggi.

4. Bayam

Bingung mencari makanan penambah daya tahan tubuh? Tak usah bingung karena makanan yang berada di sekitar Anda ternyata merupakan makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, salah satunya adalah bayam.

Sayuran yang biasa dikonsumsi oleh Popeye ini mengandung asam folat yang berfungsi untuk memperbaiki DNA dan membantu tubuh untuk memproduksi sel-sel baru. Tak sampai di situ saja, bayam juga diperkaya dengan kandungan seram, antioksidan, dan Vitamin C yang baik untuk mendukung sistem imunitas tubuh.

5. Brokoli

Brokoli

Satu lagi jenis sayuran yang masuk dalam daftar makanan penambah daya tahan tubuh. Brokoli adalah sayuran hijau yang kaya manfaat. Salah satu manfaat dari brokoli adalah memperkuat daya tahan tubuh. Hal ini didukung oleh kandungan zat alami di dalam brokoli yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Brokoli turut mengandung Vitamin A, Vitamin C, dan glutathione yang dapat melindungi tubuh dari risiko kerusakan sel. Singkatnya, mengonsumsi brokoli secara teratur dapat membuat tubuh Anda lebih sehat dan sistem pencernaan pun menjadi lebih lancar.

Baca Juga  10 Cara Membuat Badan Berisi dan Gemuk Secara Alami

6. Jamur Tiram

Berbahagialah Anda yang suka mengonsumsi jamur. Pasalnya, salah satu jenis jamur merupakan makanan penambah daya tahan tubuh, yaitu jamur tiram. Jamur ini biasa diolah menjadi jamur krispi, sup, atau makanan lainnya. Jamur dengan rasa yang gurih ini mengandung sejumlah vitamin dan nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Adapun kandungan Vitamin D dalam jamur tiram dapat menurunkan risiko kanker prostat, hipertensi, dan penyakit jantung. Selain itu, jamur tiram turut diperkaya dengan Vitamin C, A, dan B Kompleks yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menghambat kerusakan sel-sel kulit.

7. Kacang Tanah

Makanan sederhana yang berikut ini ternyata merupakan makanan terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Kacang tanah diperkaya dengan Vitamin E, Zinc, dan Omega-3 untuk menangkal radikal bebas. Mengonsumsi kacang tanah secara rutin tentu dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

Yang menarik dari kacang tanah ternyata kacang ini juga mengandung Fosfor, Vitamin B, Kalsium, Vitamin A, Vitamin K, Zat Besi, Protein, Kalsium, Kolin, dan Lestin yang turut berperan untuk menambah daya tahan tubuh manusia. Anda dapat menikmati kacang tanah sebagai makanan ringan atau dicampur dengan makanan utama, seperti sayur asem atau asinan.

8. Ikan Tuna dan Salmon

Hampir sebagian jenis ikan diklaim baik bagi kesehatan. Namun, hanya dua jenis ikan ini yang benar-benar memenuhi kriteria untuk masuk dalam daftar makanan penambah daya tahan tubuh. Adalah ikan salmon dan ikan tuna, dua jenis ikan yang diperkaya dengan Omega-3 untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk memperoleh manfaat ikan sebagai makanan penambah antibodi, Anda harus mengonsumsi ikan salmon atau tuna dua kali seminggu. Selain rasanya enak, ikan-ikan ini ternyata menawarkan beragam manfaat yang menguntungkan kita!

Baca Juga  Waspadai 5 Akibat Keseringan Ngupil Bisa Meningkatkan Risiko Meningitis

9. Ubi

Ubi Jalar

Ubi adalah cemilan sederhana dan merakyat. Meskipun harganya murah meriah, tetapi manfaat ubi bagi kesehatan sangat besar, terutama untuk menambah daya tahan tubuh kita.

Kandungan antioksidan beta-karoten yang terdapat di dalam ubi dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Selain mengandung beta-karoten, ubi jalar juga diperkaya dengan Vitamin A yang dapat menghambat proses penuaan dan mengurangi risiko dari sejumlah jenis kanker.

Jika Anda memiliki kebiasaan ngemil, cobalah untuk membeli ubi bakar atau ubi rebus. Makanan sederhana ini dapat membuat tubuh jadi lebih kuat dan tidak mudah sakit.

10. Semangka

Panas-panas memang paling enak makan semangka, Buah dengan kandungan air yang sangat tinggi ini ternyata memiliki jenis antioksidan glutathione. Zat ini dikenal dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sekaligus memerangi bakteri dan virus yang terdapat di dalam tubuh.

Menariknya, glutathione di dalam semangka tidak hanya ditemukan di dagingnya yang berwarna merah saja, tapi juga di bagian dagingnya yang berwarna putih dan dekat dengan kulitnya. Jadi, kalau sedang makan semangka usahakan sampai bersih agar Anda dapat memperoleh glutathione yang lebih banyak.

Anak-anak, dewasa, maupun lansia tetap membutuhkan makanan penambah daya tahan tubuh. Selain itu, Anda juga harus mengimbangi dengan suplemen yang memang sesuai dengan usia konsumennya. Baca artikel vitamin untuk daya tahan tubuh anak dan vitamin untuk daya tahan tubuh lansia agar Anda dapat memilih suplemen yang tepat untuk anak maupun lansia.

Tags: makanan atau minuman penambah daya tahan tubuh makanan dan minuman penambah daya tahan tubuh makanan minuman penambah daya tahan tubuh minuman alami penambah daya tahan tubuh minuman kemasan penambah daya tahan tubuh

Related Post "10 Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh yang Bikin Sehat"

10 Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh yang Menyehatkan
Minuman yang segar dan enak tentu saja