10 Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh yang Menyehatkan

Minuman yang segar dan enak tentu saja sangat memanjakan lidah dan tenggorokan. Akan tetapi, minuman yang segar belum tentu sehat, lho. Jika Anda ingin meminum minuman yang segar, pilih juga minuman yang menyehatkan tubuh. Pasalnya, ada beberapa jenis minuman segar yang dapat menambah daya tahan tubuh kita.

Ingin tahu minuman penambah daya tahan tubuh yang segar dan menyehatkan?  simak informasi mengenai sejumlah minuman yang diklaim sebagai penambah daya tahan tubuh secara alami. Penasaran? Yuk, langsung saja temukan jawabannya di sini!

10 Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh

1. Teh  Hijau

Tidak perlu repot-repot membuat ramuan tradisional untuk daya tahan tubuh, sebuah minuman praktis berikut ini ternyata juga dapat menguatkan sistem imun tubuh, lho. Adalah teh hijau, minuman yang cukup populer di berbagai negara. Bahkan, Anda bisa menemukan teh hijau dengan sangat mudah di Indonesia.

Teh hijau masuk dalam daftar minuman penambah daya tahan tubuh karena mengandung polifenol yang berperan sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat jaringan tubuh menjadi lebih rileks.

Waktu terbaik untuk menikmati teh hijau adalah saat pagi hari agar tubuh Anda jadi lebih segar dan semangat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Nah, apakah Anda sudah meminum teh hijau hari ini?

2. Jus Tomat

Yang satu ini adalah jus untuk daya tahan tubuh yang bisa dibuat sendiri di rumah, yaitu jus tomat. Buah ini memang sangat kaya dengan antioksidan. Jika dikonsumsi dalam bentuk jus, maka sistem kekebalan tubuh Anda jadi semakin kuat.

Tak sampai di situ saja, jus tomat juga mengandung folat yang dapat menurunkan infeksi. Apabila Anda rutin minum jus tomat setiap hari, antibodi di dalam tubuh dapat melawan virus maupun bakteri penyebab infeksi.

Baca Juga  Inilah 8 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol yang Alami dan Efektif

Untuk membuat jus tomat Anda dapat memanfaatkan blender atau juicer. Hindari penambahan gula agar Anda memperoleh vitamin yang lebih banyak dari jus tomat. Jika ingin minum jus tomat sambil mengonsumsi suplemen, Anda dapat mencari tahu rekomendasi produk suplemen terbaik di artikel vitamin untuk daya tahan tubuh dewasa.

3. Air Kelapa Hijau

Air kelapa hijau dikenal sebagai cairan detoks alami untuk membuang racun-racun di dalam tubuh. Oleh karena itu, tak salah jika air kelapa hijau juga diklaim sebagai minuman penambah daya tahan tubuh yang segar dan menyehatkan.

Usut punya usut, air kelapa hijau sama dengan minuman isotonik yang mengandung kalium, magnesium, kalsium, dan fosfor. Air kelapa hijau dapat mencegah dehidrasi dan meningkatkan elektrolit tubuh. Minum air kelapa hijau dua kali seminggu diklaim dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk lansia, Anda dapat memberikan air kelapa hijau dan suplemen yang terdapat dalam artikel vitamin untuk orang tua dan lansia ini agar tubuhnya semakin bugar dan sehat.

4. Yogurt

Anak-anak sampai orang dewasa pasti sangat menyukai yogurt. Minuman probiotik yang satu ini disinyalir dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia. Anak-anak yang mengonsumsi yogurt akan memperoleh manfaat yang sama dengan seperti mengonsumsi suplemen di dalam artikel vitamin untuk daya tahan tubuh anak.

Salah satu alasan yogurt menjadi minuman penambah daya tahan tubuh adalah terdapat bifidobacterium atau yang dikenal sebagai bakteri baik di dalamnya. Bifidobacterium dapat meningkatkan sel darah putih untuk memerangi bakteri dan virus penyebab penyakit.

5. Madu Asli

Selanjutnya, ada sebuah minuman yang enak, segar, dan dapat menambah daya tahan tubuh. Madu yang murni mengandung Vitamin B2, B3, B5, B6, B9, Kalsium, Besi, Magnesium, Zinc, Protein, dan Serat Pangan. Bahkan, madu murni dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena memiliki kemampuan untuk menonaktifkan logam bebas berbahaya di dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, madu juga dapa menangkal radikal bebas dan mempercepat proses penyembuhan luka. Apabila Anda ingin manfaat ekstra dari madu, kombinasikan madu dengan air perasan lemon. Vitamin C di dalam lemon mengandung antioksidan yang tentunya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Baca Juga  Berikut Cara Bakteri di Perut Menjaga Kesehatan Tubuh

6. Jus Apel, Wortel, dan Jeruk

Suka minum jus? Ternyata beberapa jenis jus bisa menjadi minuman penambah daya tahan tubuh yang sangat efektif, lho. Salah satu jus yang dipercaya dapat memperkuat sistem imunitas tubuh adalah kombinasi jus apel, wortel, dan jeruk.

Perpaduan antara tiga buah-buahan yang biasa diolah menjadi jus ini akan menghasilkan minuman kaya antioksidan dan memperkuat daya tahan tubuh. Apalagi rasa jus apel, wortel, dan jeruk ini sangat nikmat. Tak perlu menambahkan gula karena ketiga buah ini sudah menghasilkan rasa manis yang alami.

7. Kunyit Asam

Kunyit asam adalah ramuan tradisional untuk daya tahan tubuh. Rempah masakan ini memiliki sifat sebagai anti-bakteri, antibiotik, dan antioksidan alami. Dengan rutin mengonsumsi kunyit asam, tubuh Anda menjadi lebih fit dan tidak mudah sakit.

Di dalam kunyit terdapat Vitamin C dan kurkumin, salah satu senyawa alami yang dapat menjadi imun-booster. Penambahan asam jawa akan membuat cita rasa minuman yang terbuat dari kunyit jadi lebih segar dan nikmat. Tak percaya? Yuk, coba buat minuman kunyit asam sekarang juga!

Baca Juga  Jerawat Menggangumu , Hilangkan Dengan Cara ini !

8. Jus Mangga dan Stroberi

Meskipun rasanya asam, stroberi yang diolah menjadi jus ternyata memiliki banyak peminat. Sayangnya, jus stroberi yang dijual di pasaran mengandung gula pasir yang cukup banyak. Jika ingin membuat jus stroberi sendiri, cobalah untuk tidak menambahkan gula di dalamnya.

Sebagai pengganti gula, tambahkan potongan buah mangga untuk dihaluskan bersama dengan jus stroberi buatan Anda. Mangga akan memberikan rasa manis alami pada jus stroberi tersebut. Selain itu, mangga juga menyediakan Vitamin E yang memberikan manfaat antioksidan untuk menambah daya tahan tubuh Anda, terutama pada dewasa dan lansia.

9. Jus Bayam, Selada, dan Kale

Jus Bayam, Selada, dan Kale

Jus sayuran yang berikut ini adalah minuman penambah daya tahan tubuh yang sangat sehat dan kaya manfaat. Ya, Bacaterus merekomendasikan jus bayam, selada, dan kale ini sebagai minuman imun-booster yang akan membuat tubuh Anda jadi lebih bugar dan tidak mudah sakit.

Jika ingin minuman ini semakin sehat, tambahkan segenggam peterseli yang diklaim mengandung Vitamin B6. Sekedar informasi, Vitamin B6 memiliki peran penting dalam dalam proliferasi sel kekebalan dan produksi antibodi.

10. Wedang Jahe

Kalau cuaca sedang dingin, wedang jahe menjadi minuman terbaik untuk menghangatkan tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa manfaat wedang jahe lebih dari sekedar menghangatkan tubuh?  Wedang jahe dapat menguatkan daya tahan tubuh Anda.

Di dalam jahe terdapat minyak atsiri yang sangat kaya manfaat. Beberapa manfaat dari kandungan alami di jahe antara lain adalah meningkatkan fungsi pencernaan, pembuluh darah, dan menangkal radikal bebas. Yuk, nikmati wedang jahe sekarang!

Itulah 10 minuman penambah daya tahan tubuh yang segar dan sangat menyehatkan. Jika ingin memiliki tubuh yang lebih sehat

Tags: makanan atau minuman penambah daya tahan tubuh makanan dan minuman penambah daya tahan tubuh makanan minuman penambah daya tahan tubuh minuman alami penambah daya tahan tubuh minuman kemasan penambah daya tahan tubuh

Related Post "10 Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh yang Menyehatkan"

10 Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh yang Bikin Sehat
Daya tahan tubuh setiap orang berbeda-beda, ada