10 Sarapan Untuk Kamu Yang Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjaga berat badan, sarapan pagi sebaiknya jangan dilewatkan. Dengan tidak melewatkan sarapan pagi akan cenderung dapat mempertahankan berat badan Anda bila dibandingkan dengan mereka yang sering melewatkan sarapan pagi.

Karena, jika Anda melewatkan sarapan pagi, biasanya pada jam makan siang cenderung berkeinginan untuk makan dengan porsi besar sebagai balas dendam karena tidak sarapan pagi. Hal ini justru akan membuat berat badan Anda bertambah.

Akan tetapi Anda juga harus memilih jenis makanan sebagai menu sarapan yang tepat dan baik untuk menurunkan berat badan Anda. Makanan-makanan ini sebaiknya memenuhi kebutuhan kalori Anda sepanjang hari. Berikut beberapa menu sarapan yang bisa Anda konsumsi:

1. Gandum

Gandum mengandung serat pangan, protein, vitamin B1, B2, B3, B6, asam folat, magnesium, tembaga, fosfor, seng, mangan, selenium, vitamin E, zat besi dan asam lemak essensial. Gandum juga memiliki kandungan natrium yang rendah dan tidak mengandung kolesterol. Jenis gandum yang bisa Anda konsumsi bisa dalam bentuk oatmeal, roti gandum, dan granola.

Kandungan serat yang tinggi pada gandum, mampu mengenyangkan perut Anda untuk waktu yang lama. Biasanya Anda akan merasa kenyang sampai waktunya makan siang. Anda bisa mencampur oatmeal atau granola dengan susu rendah lemak tanpa gula. Atau mengoleskan selai kacang pada roti gandum Anda.

2. Telur

Telur mengandung karbohidrat, protein, asam amino, vitamin E, vitamin B12 dan omega 3. Dengan mengkonsumsi telur di pagi hari, dapat menurunkan 60% berat badan seseorang. Dengan melakukan diet telur selama seminggu penuh, biasanya bisa menurunkan berat badan hingga mencapai 2kg.

Alangkah baiknya jika sarapan telur yang direbus, tapi bukan berarti tidak boleh digoreng. Anda bisa menggunakan sedikit minyak zaitun untuk menggoreng telur supaya lebih sehat. Anda juga bisa memasukkan irisan wortel dan buncis kedalam telur dadar.

Tambahkan sedikit garam sebagai penguat rasa. Untuk telur yang direbus, pada saat akan disajikan Anda bisa menambahkan sedikit lada dan garam sebagai penguat rasa dan dapat mengurangi rasa amis di mulut.

Baca Juga  Anda Kolesterol ? Konsumsi Makanan Dan Minuman Ini

3. Yoghurt

Yoghurt terbuat dari susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt mengandung karbohidrat, kalsium, protein, vitamin B1, B2, niasin, asam folat, fosfor dan magnesium. Dengan rutin mengkonsumsi yoghurt dapat membantu memperlancar saluran cerna, dan menurunkan kolesterol dalam darah.

Tidak hanya itu saja, yoghurt juga dapat menurunkan berat badan karena memiliki kandungan kalori yang rendah dan dapat mengurangi lemak jahat didalam tubuh.

Akan tetapi yoghurt tidak disarankan bagi penderita maag akut, karena rasa asam pada yoghurt dikhawatirkan akan memicu maag Anda semakin parah. Anda bisa mengkonsumsi yoghurt kemasan yang sudah tersedia di pasaran. Pilihlah yang plain, lalu campurkan dengan beberapa potongan buah. Sajikan sebagai salad buah sebagai menu sarapan Anda.

4. Buah-buahan

Beberapa jenis buah, bila dikonsumsi pada saat sarapan mampu membuat Anda kenyang sampai siang hari. Seperti buah pisang, alpukat, semangka, melon dan berries. Sebaiknya memakan buah langsung dengan cara dikunyah ketimbang dibuat jus.

Karena saat Anda mengunyah dan menelannya dengan benar, otak Anda memberi waktu untuk memproses perasaan kenyang yang mungkin memberi sinyal Anda untuk berhenti makan lebih awal dan mencegah makan berlebihan.

Akan tetapi bukan berarti Anda tidak boleh mengolah buah-buahan tersebut menjadi jus. Hanya saja jangan menambahkan gula, susu dan krim kedalam jus buah tersebut karena akan menambah kalori dan tentu saja membuat diet Anda menjadi sia-sia. Sebagai penggantinya, Anda bisa menuangkan beberapa sendok makan madu sebagai pemanis.

5. Kentang

10 Cara Merawat Tubuh Agar Putih Menggunakan Bahan Alami

Satu buah kentang berukuran sedang mengandung 164 kalori, 37 gr karbohidrat, 4,3 gr protein, 0,2 gram lemak, 4,7 gram serat pangan, tidak mengandung kolesterol, mengandung garam sebanyak 13 gram yang berarti kurang dari 1% asupan garam harian yang dianjurkan.

Kentang juga dapat memenuhi 2% kebutuhan kalsium per-hari, 51% vitamin C, 9% zat besi, 30% vitamin B6, 12% magnesium, dan 25% kalium. Tentu saja penyajiannya tidak ditambahkan garam ya.

Anda bisa mengolah kentang ini dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Tambahan, sebaiknya olah juga beserta kulitnya. Karena nutrisinya lebih banyak berada pada bagian kulit kentang ketimbang pada daging kentang.

Baca Juga  Kamu Sedang Haid , Hindari Makanan & Minuman Ini

Jangan lupa dicuci sampai bersih terlebih dahulu sebelum diolah. Hindari mengolah kentang dengan cara ditumis dan digoreng. Karena minyak pada makanan yang ditumis dan digoreng kurang baik untuk kesehatan tubuh. Serta akan menambah kadar lemak jahat pada tubuh Anda.

6. Kacang-kacangan

Mau Rambut Terlihat Lebat ? Konsumsi Makanan Ini

Kacang-kacangan memiliki kandungan serat yang tinggi, protein nabati yang lengkap, dan rendah lemak jenuh. Kacang-kacangan ini misalnya kedelai, edamame, kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, dan almond.

Bila Anda mengkonsuminya dengan takaran yang tepat, maka tubuh Anda akan mendapatkan manfaatnya. Tetapi jika berlebihan, maka Anda akan kelebihan kalori yang menyebabkan berat badan Anda malah bertambah. Anda bisa mengolah kacang-kacangan tersebut dengan cara dipanggang, direbus, atau dikukus. Anda bisa mencari resep sehatnya pada website terpercaya.

Misalnya kacang kedelai diolah menjadi susu kedelai, merebus kacang edamame dan kacang tanah yang masih utuh dengan cangkangnya, membuat bubur kacang hijau tanpa santan, sup kacang merah dengan garam secukupnya, dan kacang almond yang dipanggang tanpa mentega dan garam.

7. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung, 37% vitamin C, 105 kalori, 28% mangan, 16% vitamin B6, dan 15% potassium. Selain itu, ubi jalar juga mengandung kolin, beta karoten, 6 gram serat, dan 400 mg kalium.

Usahakan untuk mengkonsumsi ubi jalar beserta kulitnya supaya Anda mendapatkan manfaatnya dengan maksimal. Ubi jalar beragam jenisnya seperti ubi jalar ungu, kuning dan cokelat. Tetapi memiliki nutrisi dan khasiat yang sama bagi tubuh.

Anda bisa mengolah ubi jalar dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang. Rasanya akan lebih terasa nikmat bila disantap dalam keadaan masih hangat. Dengan mengkonsumsi ubi jalar ini, Anda akan merasa lebih kenyang sampai waktunya makan siang nanti.

8. Salad Sayur

Sayur merupakan salah satu menu wajib pada program diet Anda. Karena banyak mengandung serat yang mampu membuat Anda kenyang lebih lama. Gunakanlah jenis sayur-sayuran yang Anda sukai.

Potong-potong sesuai selera. Untuk salad sayur, Anda bisa menambahkan sedikit garam dan minyak zaitun. Hindari menambahkan mayonnaise atau krim khusus salad karena akan membuat Anda mengkonsumsi kalori berlebih yang malah menyebabkan berat badan Anda bertambah.

Baca Juga  Bau Badan Mengganggu mu ? Konsumsi Makanan Ini

9. Smoothie Buah dan Sayur

10 Cara Merawat Tubuh Agar Putih Menggunakan Bahan Alami 3

Smoothie buah dan sayur juga bisa Anda pilih sebagai salah satu menu sarapan diet sehat Anda. Pilihlah jenis buah dan sayur yang Anda sukai. Lalu tambahkan 100 ml air dingin, blender sampai halus tanpa tambahan gula, susu dan krim.

Minumlah segera sampai habis. Dengan pilihan buah dan sayur yang tepat, maka smoothie sebagai menu sarapan Anda ini bisa membuat Anda kenyang lebih lama sampai jam makan siang, serta menahan keinginan untuk mengemil.

Akan tetapi smoothie juga bisa Anda gunakan sebagai menu camilan sehat diantara makan siang lho. Karena smoothie jauh lebih sehat ketimbang Anda mengemil kue atau snack dengan kalori yang tinggi.

10. Sereal

Sereal memiliki kandungan serat, vitamin B2, B3, B5, B6, B9, serta mineral seperti kalsium dan zat besi. Sereal juga mengandung fitosterol, yakni lemak baik yang membantu mencegah kanker, terutama kanker payudara dan kanker usus besar. Serat yang terkandung dalam sereal mengurangi kecepatan sekresi glukosa dari makanan. Ini membantu tubuh dalam menjaga kadar gula darah.

Sereal terbuat dari bahan-bahan sehat seperti gandum dan jagung. Biasanya sereal sudah dilengkapi dengan rasa manis. Anda bisa mencampur sereal dengan susu rendah lemak tanpa gula dan beberapa potong buah-buahan seperti pisang, berries, dan anggur. Satu mangkuk sereal biasanya cukup untuk membuat Anda kenyang sampai waktunya makan siang.

Itulah 10 menu sarapan yang tepat untuk diet dan baik untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda coba. Imbangi menu diet sarapan Anda dengan menu makan siang dan makan malam yang sehat juga, ya.

Iringi dengan olahraga teratur paling tidak selama 30 menit setiap hari untuk membantu proses penurunan berat badan Anda lebih maksimal. Jika Anda memiliki pengalaman berbeda, silahkan berbagi di kolam komentar yang tersedia. Selamat mencoba ya!

No related post!