Inilah Cara Membuat Krim Creambath Untuk Kamu Yang Males Ke Salon

Rambut adalah mahkota bagi siapa saja. Rambut merupakan hal kedua yang orang lain lihat setelah wajah. Bila rambut kamu kusam dan bercabang, tentunya akan mengurangi kepercayaan diri kamu. Untuk itu, kamu perlu memberikan perawatan ekstra pada rambutmu, tidak hanya mengunakan shampo dan kondisioner, tapi juga perawatan lainnya seperti creambath.

Creambath boleh dilakukan pada jenis rambut normal, berminyak dan kering. Tapi, hindari creambath kalau rambut kamu sedang rontok, karena pijatan rambut dikepala akan membuat rambut semakin rontok.

Kalau kamu malas salon karena akan lama menunggu giliran, kamu bisa, lho, membuat krim creambath sendiri. Bahan apa saja yang dapat dibuat menjadi krim creambath? Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuatnya:

Cara Membuat Krim Creambath Sendiri

1. Wortel

Cara membuat krim creambath alami

Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan sodium. Krim creambath wortel ini cocok untuk rambut rontok, kering dan kusam.

Cara memanfaatkan wortel untuk dijadikan krim creambath adalah sebagai berikut: Haluskan wortel dengan menggunakan blender atau boleh di parut, lalu saring untuk diambil sarinya. Campurkan sari wortel dan yogurt dengan perbandingan 2:3.

Gunakan krim wortel setelah keramas menggunakan shampo, setelah itu aplikasikan krim wortel pada rambut dan kulit kepala kemudian lakukan pijatan di kepala seperti melakukan creambath pada umumnya. Langkah terakhir, tutup rambut menggunakan handuk hangat, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat, kemudian basuh kembali dengan air dingin untuk membuat rambut lebih berkilau.

2. Lidah Buaya

Cara membuat krim creambath alami

Lidah buaya atau aloe vera adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Aloe vera atau lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D. Krim creambath lidah buaya sangat cocok untuk rambut rontok, kering dan kusam.

Cara mengolah lidah buaya menjadi krim creambath cukup mudah, kamu cukup ambil lidah buaya dengan ukuran sedang, ambil dagingnya lalu haluskan menggunakan blender. Campur lidah buaya yang sudah diblender dengan yoghurt, aduk sampai merata hingga membentuk krim dengan kepadatan yang tepat. Gunakan krim lidah buaya setelah keramas menggunakan shampo.

Setelah itu, aplikasikan krim lidah buaya pada rambut dan kulit kepala, kemudian lakukan pijatan di kepala seperti melakukan creambath pada umumnya. Tutup rambut menggunakan handuk hangat, diamkan selama 15-30 menit lalu bilas dengan air hangat atau jika dirasa lengket boleh dicuci menggunakan shampo dan kondisioner, kemudian basuh kembali dengan air dingin untuk membuat rambut lebih berkilau.

Baca Juga  6 Cara Menghilangkan Uban Secara Alami

3. Kuning Telur

Kulit Gosong ? Berikut Cara Mengatasinya & Tips Untuk Mencegahnya

Kuning telur adalah kondisioner rambut alami yang sangat bagus karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk rambut, seperti protein, mengandung vitamin A, E, dan D, dan sulfur.

Kuning telur dapat memperbaiki rambut kering, menambah kekuatan folikel rambut dan membuat akar rambut lebih kuat, memperbaiki rambut yang rusak, mengontrol masalah rambut rontok dengan sangat baik, dan membawa kembali sinar alami pada rambut kamu.

Untuk kamu yang memiliki rambut keriting dan susah diatur dapat menggunakan kuning telur untuk membuat rambut lebih mudah atur. Kandungan sulfur dan vitamin B12 dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat serta mengatasi dan mencegah iritasi pada kulit kepala.

Kuning telur juga mengandung lecitin murni yaitu bahan alami yang sangat berguna untuk memperbaiki rambut yang tidak sehat seperti rambut bercabang atau rapuh saat disisir.

Ambil dua kuning telur, dua sendok makan minyak zaitun dan secangkir air, lalu masukan semua bahan ke dalam mangkuk kecil, kemudian aduk sampai merata. Aplikasikan krim kuning telur tadi pada rambut dan kulit kepala. Lalu pijat kulit kepala kamu dengan ujung jari selama 5 menit agar semua bahan bisa diserap ke dalam akar rambut.

Kemudian biarkan selama 15 menit, lalu cuci rambut menggunakan shampo dan bilas dengan air hangat, kemudian basuh kembali dengan air dingin untuk membuat rambut lebih berkilau.

Cara membuat krim creambath sendiri dengan kuning telur adalah: ambil dua kuning telur, dua sendok makan minyak zaitun dan secangkir air, lalu masukan semua bahan ke dalam mangkuk kecil. Aduk sampai merata. Aplikasikan krim kuning telur tadi pada rambut dan kulit kepala.

Pijat kulit kepala kamu dengan ujung jari selama 5 menit agar semua bahan bisa diserap ke dalam akar rambut, kemudian biarkan selama 15 menit. Cuci rambut menggunakan shampo dan bilas dengan air hangat, kemudian basuh kembali dengan air dingin untuk membuat rambut lebih berkilau.

4. Alpukat

Cara membuat krim creambath alami

Alpukat adalah buah yang mengandung lebih dari 25 nutrisi penting, termasuk vitamin A, B, C, E, K &, tembaga, besi, fosfor, magnesium dan potasium. Dalam satu sajian buah alpukat (sekitar 50 gram) terdapat mengandung 80 kalori, 8 gram lemak, 4 gram karbohidrat dan sekitar 1 gram protein.

Alpukat tidak hanya baik bila dikonsumsi, tapi juga bisa merawat rambut kering, rambut rusak akibat pengeritingan maupun akibat pewarnaan rambut.

Cara membuat krim creambath alpukat cukup mudah, haluskan daging alpukat dengan blender atau boleh menggunakan garpu. Campur dengan yoghurt atau mayonaise dengan perbandingan 2:3. Gunakan krim alpukat setelah keramas menggunakan shampo.

Baca Juga  Atasi Kutu Rambut dan Rasa Gatal dengan 10 Rekomendasi Sampo Anti Kutu Ini

Aplikasikan krim alpukat pada rambut dan kulit kepala, kemudian lakukan pijatan di kepala seperti melakukan creambath pada umumnya. Tutup rambut menggunakan handuk hangat, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat, kemudian basuh kembali dengan air dingin untuk membuat rambut lebih berkilau.

5. Stroberi

Cara membuat krim creambath alami

Strawberry selain enak dimakan langsung, bisa juga diolah menjadi minuman jus, kue, dan lain sebagainya. Krim creambath strawberry yang dicampur dengan mayones ini iocok untuk rambut kering, kusam dan bercabang. Karena kandungan antioksidan pada stroberi bisa meremajakan juga mengilaukan rambut. Selain itu, mayones yang terbuat dari telur, lemon dan minyak zaitun bakal membuat rambut kita lembut dan lembab.

Ambil 8 buah stroberi segar dan 1 sendok makan mayones. Membuat krim creambath sendiri dengan melumatkan stroberi menggunakan blender atau garpu. Campurkan dengan mayones sampai tercampur rata. Aplikasikan krim strawberry tadi pada rambut dan kulit kepala.

Lalu, pijat kulit kepala kamu dengan ujung jari selama 5 menit agar semua bahan bisa diserap ke dalam akar rambut. Kemudian biarkan selama 15 menit, lalu cuci rambut menggunakan shampo dan bilas dengan air hangat, kemudian basuh kembali dengan air dingin untuk membuat rambut lebih berkilau.

6. Madu

Cara Melembutkan Rambut Secara Alami

Selain strawberry, madu juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut bercabang. Membuat krim creambath sendiri dengan madu, kamu cukup siapkan madu asli sebanyak 45 ml, olive pil 125 ml, 2 tetes minyak  esensial dan 10 ml cider vinegar, campur semuanya sampai rata kemudian aplikasikan krim strawberry tadi pada rambut dan kulit kepala.

Lalu, pijat kulit kepala kamu dengan ujung jari selama 5 menit agar semua bahan bisa diserap ke dalam akar rambut. Kemudian biarkan selama 15 menit, lalu cuci rambut menggunakan shampo dan bilas dengan air hangat, kemudian basuh kembali dengan air dingin untuk membuat rambut lebih berkilau.

Lakukan perawatan creambath ini setiap dua minggu sekali secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu hindari penggunaan bahan-bahan kimia pada rambut jika kondisi rambut kamu sedang rontok parah karena akan lebih membuat rambut semakin rontok.

7. Santan

Cara membuat krim creambath alami

Bahan untuk membuat krim creambath sendiri selanjutnya adalah santan. Iya, santan yang suka dipakai untuk masak itu, loh! Ternyata santan mengandung banyak protein yang dapat menyehatkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah kerontokan dan menyembuhkan rambut patah-patah, serta banyak manfaat lainnya. Berikut adalah cara membuat santan:

  • Siapkan beberapa potong kelapa tua, parut
  • Peras parutan di atas saringan kain atau saringan yang jaring-jaringnya kecil
  • Panaskan panci, lalu tuang air perasan kelapa tadi, masak selama 5 menit
  • Matikan api, lalu tunggu santan mendingin
  • Jika sudah dingin, masukkan ke dalam kulkas semalaman, baru bisa Anda gunakan
Baca Juga  Ingin Rambut Kuat ? Pakai 10 Shampoo Ini !

Tapi, jika repot, Anda bisa menggunakan santan instan juga, kok! Cara menggunakan santan sebagai creambath adalah dengan menyiapkan santan secukupnya. Anda harus memanaskan santannya terlebih dahulu. Tidak perlu sampai mendidih, hanya hangat biasa saja. Gunakan santan hangat tersebut untuk memijat kulit kepala selama 15 menit.

Setelah kulit kepala selesai dipijat, balurkan juga santan pada seluruh rambut Anda. Tutupi rambut dengan shower cap (yang biasa dipakai saat mandi) atau handuk panas. Diamkan selama 45 menit. Setelahnya, keramas lah seperti biasa.

8. Rumput Laut

Cara membuat krim creambath alami

Cara membuat krim creambath sendiri yang selanjutnya adalah pakai rumput laut. Anda mungkin sudah sering melihat sampo, kondisioner, dan creambath pabrikan yang mengandung rumput laut. Karena, memang rumput laut sangat baik untuk rambut kita.

Rumput laut dapat mengontrol minyak di kulit kepala agar stabil. Anda bisa menggunakan serum rumput laut atau pun rumput laut basah. Campurkan serum seaweed dengan yogurt. Atau, Anda bisa menggunakan rumput laut basah yang diblender, lalu aplikasikan pada kulit kepala dan rambut.

9. Yogurt

Yogurt adalah makanan dan camilan yang enak, tapi ternyata yoghurt baik juga untuk rambut. Anda bisa menggunakan yogurt secara langsung maupun ditambah bahan lainnya seperti madu, pisang, minyak zaitun, telur, lidah buaya, alpukat, lemon, dan bubuk santan.

10. Kopi

Cara membuat krim creambath alami

Bahan yang sering digunakan dalam cara membuat krim creambath sendiri yang terakhir adalah kopi. Bukan kopi seduh, ya, tapi bubuk atau ampas kopi yang akan kita pakai di sini. Jika Anda suka minum kopi yang ada ampasnya, jangan dibuang! Simpan ampas tersebut karena bisa Anda gunakan untuk creambath, luluran, hingga maskeran.

Yang Anda butuhkan adalah 8 sendok makan ampas kopi dan handuk panas/shower cap. Anda bisa juga mencampur ampas kopi dengan yogurt. Massage kulit kepala Anda dengan ampas kopi, lalu balurkan sisanya ke seluruh permukaan rambut. Tutup rambut Anda dengan handuk panas atau shower cap, biarkan selama setengah jam. Creambath alami dengan kopi sangat bagus untuk pertumbuhan rambut.

Untuk kamu yang suka mewarnai rambut, selingi aktivitas creambath ini dengan hair spa dan hair mask. Supaya rambut kamu tidak stress akibat pewarnaan rambut. Semoga langkah membuat krim creambath sendiri ala Bacaterus ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Tags: cara membuat krim creambath alami cream creambath alami krim creambath alami

No related post!